Kades Satu Ini Rela Berpanas – Panasan Demi Ikut Kirab Budaya Warganya

Kades Satu Ini Rela Berpanas – Panasan Demi Ikut Kirab Budaya Warganya

Kudus, isknews.com – Dibawah sinar matahari yang panasnya begitu menyengat ratusan warga dan kepala desa beserta perangkat desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus mengikuti kirab budaya atau Karnaval, acara yang dilaksanakan setiap tahunnya ini merupakan dalam rangka memperingati Apitan atau Sedekah Bumi serta hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71.

Selama kirab atau karnaval berlangsung semua lapisan masyarakat yang ada di Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus yang terdiri dari petani, pelajar, tokoh masyarakat, anak – anak, dll berbaur menjadi satu di kawasan Balai Desa dengan mengkirab atau mengiring beberapa gunungan hasil bumi yang dimulai Start dari Balai Desa Kalirejo diiring keliling kampung dan berakhir di halaman Balai Desa kembali.

BACA JUGA :  BPBD Kudus," Perimbasan Malam di Jalan Pemuda Lebih Maksimal "

Kepala Desa Kalirejo Agus Hariyanto saat dijumpai oleh isknews.com Senin, (29/8) mengatakan acara yang setiap tahunnya dilaksanakan dengan melibatkan semua elemen lapisan masyarakat ini merupakan kegiatan Apitan atau Sedekah Bumi dimana di acara ini bertujuan untuk mensyukuri apa yang selama ini diberikan kepada Tuhan dengan hasil bumi yang ada disekitar, dan karena masih dalam suasana Kemerdekaan juga hal ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 71.

FB_IMG_1472480859399

“Kirab Budaya dilaksanakan setiap tahunnya dengan melibatkan semua elemen masyarakat ini sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas apa yang diberikan selama ini, sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan RI juga mendeklarasikan anti narkoba” katanya.

Sebelum Kirab Budaya dimulai Kades beserta Tokoh masyarakat, Polsek, dan Koramil melakukan penandatangan disebuah sepanduk yang bertulisan “Deklarasi Gerakan Desa Kalirejo Anti Narkoba” itu dilakukan disela – sela acara sebelum acara kirab budaya dimulai.

BACA JUGA :  Seputar Tumbak

Sementara itu, serangkaian acara juga digelar sejak tanggal 20 Agustus 2016 hingga akhir Agustus 2016 mendatang seperti perlombaan pelajar, anak – anak,  pentas seni, hingga Hiburan Ketoprak nantinya.(SM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post