Kalapas Pati Musnahkan HP Milik Warga Binaan

by
ISKNEWS.COM
Foto: Kepala Lapas Pati Irwan Silais membakar Hp hasil razia warga binaan di Lapas Kelas IIB Pati. Jumat (27-04-2018). (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Menggunakan telpon genggam adalah larangan bagi para warga binaan di lembaga pemasyarakatan. Meski demikian, tidak sedikit warga binaan yang kedapatan menyimpan HP di selnya. Hal serupa juga terjadi di Lapas Kelas IIB Pati.

Bertepatan dengan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-54, hari ini (27-04-2018) Kepala Lapas Kelas IIB Pati Irwan Silais melakukan pemusnahan telepon genggam hasil sitaan dari warga binaan.

Terhitung 64 Handphone (Hp) dengan berbagai merk dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Kepala Lapas di halaman Lapas Kelas IIB Pati, usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-54 se-Karesidenan Pati.

TRENDING :  Desa Ngagel Gelar Rangkaian Bersih Desa, Hormati Budaya, Leluhur dan Sang Pencipta

“Minimal dalam satu bulan kami melakukan razia kepada warga binaan sebanyak empat hingga enam kali. Dan HP sebanyak itu merupakan hasil razia selama satu tahun,” ungkapnya usai upacara.

TRENDING :  Budidaya Cacing Tergolong Usaha Dengan Prospek Menggiurkan

Menurutnya, ada berbagai modus yang digunakan napi untuk menyelundupkan Hp ke jeruji besi. Sebagian besar adalah melalui pembesuk, mereka sengaja memberikan Hp kepada napi tanpa sepengetahuan petugas.

TRENDING :  Menteri Perhubungan RI Bakal Beli Kapal Tradisional

“Biasanya ya pada saat jam besuk. Tetapi kami selalu melakukan razia, sehingga meskipun mereka diberi Hp oleh keluarga maupun kerabatnya, tetap kami razia dan kami amankan HP tersebut untuk selanjutnya kami musnahkan,” tegasnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :