Kalender Budaya Desa Jepang ‘Rebo Wekasan’ Dibuka Semalam

by
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya kembali Di halaman Masjid Wali Jammi’ Al Makmur Desa Jepang Mejobo Kudus digelar ritual tradisi Rebo Wekasan, yang pembukaan kegiatan tersebut telah dilaksanakan semalam, Selasa (07/11/17).

Dalam pembukaan rangkaian acara Rabu Wekasan tersebut, Camat Mejobo Harso Widodo, dalam kata sambutan pidatonya menyampaikan, ucapan selamat kepada masyarakat Desa Jepang atas penyelenggaraan tradisi yang sudah menjadi kalender budaya desa tersebut.

“Pada malam ini secara resmi di mulai rangkaian kegiatan tradisi Rebo Wekasan yang akan berlangsung malam ini sampai tanggal 14 November nanti,” ujarnya.

TRENDING :  TMMD Hadir, Obati Kerinduan Rakyat

Seperti juga pada tahun-tahun sebelumnya puncak acara ritual akan digelar Kirab Rebo Wekasan yang pada malamnya dilanjutkan pengambilan air salamun dari sumur masjid wali.

Dilanjutkan oleh Camat, “Kami berharap semua masyarakat Desa Jepang selalu menjaga dan melestarikan kearifan budaya lokal peninggalan para leluhur, serta terus mampu mengembangkan ketrampilan seni anyaman bambu yang merupakan ciri khas kerajinan masyarakat Desa Jepang,” katanya.

TRENDING :  Padang Bulanan Serta Istighosah Pelajar, Guna Ikhtiar Batin Menghadapi UN

Sebagai salah satu Desa Wisata di Kudus, Camat berharap Pemdes Jepang membuatkan sekretariat khusus bagi kelompok sadar wisata (Pok Darwis)dan berjanji tahun depan pada pelaksanaan tradisi Rebo Wekasan di Desa Jepang akan ditambahkan stan Bazar dari masing masing UKM Desa seKec Mejobo agar lebih meriah lagi.

TRENDING :  Pertama Kali Diselenggarakan, Festival Seni Budaya UNS Sukses Besar

KOMENTAR SEDULUR ISK :