Kalender Budaya Desa Jepang ‘Rebo Wekasan’ Dibuka Semalam

oleh -1,013 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya kembali Di halaman Masjid Wali Jammi’ Al Makmur Desa Jepang Mejobo Kudus digelar ritual tradisi Rebo Wekasan, yang pembukaan kegiatan tersebut telah dilaksanakan semalam, Selasa (07/11/17).

Dalam pembukaan rangkaian acara Rabu Wekasan tersebut, Camat Mejobo Harso Widodo, dalam kata sambutan pidatonya menyampaikan, ucapan selamat kepada masyarakat Desa Jepang atas penyelenggaraan tradisi yang sudah menjadi kalender budaya desa tersebut.

“Pada malam ini secara resmi di mulai rangkaian kegiatan tradisi Rebo Wekasan yang akan berlangsung malam ini sampai tanggal 14 November nanti,” ujarnya.

Seperti juga pada tahun-tahun sebelumnya puncak acara ritual akan digelar Kirab Rebo Wekasan yang pada malamnya dilanjutkan pengambilan air salamun dari sumur masjid wali.

Dilanjutkan oleh Camat, “Kami berharap semua masyarakat Desa Jepang selalu menjaga dan melestarikan kearifan budaya lokal peninggalan para leluhur, serta terus mampu mengembangkan ketrampilan seni anyaman bambu yang merupakan ciri khas kerajinan masyarakat Desa Jepang,” katanya.

Sebagai salah satu Desa Wisata di Kudus, Camat berharap Pemdes Jepang membuatkan sekretariat khusus bagi kelompok sadar wisata (Pok Darwis)dan berjanji tahun depan pada pelaksanaan tradisi Rebo Wekasan di Desa Jepang akan ditambahkan stan Bazar dari masing masing UKM Desa seKec Mejobo agar lebih meriah lagi.

Hadir pada acara semalam adalah Muspika Kecamatan Mejobo, Kades Jepang beserta perangkatnya, Babinsa dan Babinkamtibmas, Ketua BPD beserta anggotanya, Toga,Tomas, Kelompok Darwis,dan masyarakat Desa Jepang.

Selanjutnya Camat Mejobo secara simbolis resmi membuka acara Tradisi Rebo Wekasan Desa Jepang dengan didampingi oleh Danramil Mejobo serta Kapolsek Mejobo.

Dijadwalkan tradisi Rebo Wekasan tahun ini akan diisi dengan berbagai acara Bazar pasar murah, Pentas seni Kaligrafi, Rebana, Khodmil Qur’an, Pengajian umum dan kirab budaya. (YM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.