Kampung KB di Kudus Bertambah, OPD Diminta Tingkatkan Pembangunan

oleh
Kampung Keluarga Berencana (KB). (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kini, Kabupaten Kudus memiliki 13 Kampung KB. Keberadaan Kampung KB ini diharapkan dapat menggerakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan dan memprioritaskan pembangunan Desa yang ditetapkan sebagai Kampung KB.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kudus Ludful Hakim, menjelaskan Kampung KB memiliki kriteria yang kompleks, sehingga pemerintah diharapkan dapat memprioritaskan pembangunan di Desa yang dinyatakan sebagai kampung KB.

TRENDING :  Dilakukan Dari Rumah ke Rumah, PSN dengan 3M di Tumpang Krasak

“Untuk menjadi Kampung KB harus memenuhi kriteria progam dan wilayah. Kriteria progam meliputi, jumlah peserta KB harus diatas rata-rata dan jumlah peserta keluarga pra S dan KS I juga harus diatas rata-rata,” jelasnya, Selasa (24-07-2018).

Dilanjutkannya, “Untuk kriteria wilayah setiap kampung KB harus memenuhi unsur seperti berada di wilayah kumuh, kampung pesisir atau nelayan, berada di Daerah Aliran Sungai (DAS), di daerah bantaran kereta api, kawasan miskin, termasuk miskin perkotan, terpencil, wilayah perbatasan, kawasan industri, kawasan wisata, dan tingkat kepadatan penduduk tinggi.”

TRENDING :  UNBK Susulan, UNPBT Jadi Alternatif 3 SMP di Kudus

Menurut Ludful Hakim, melihat kriteria ini tentu desa setempat layak mendapat prioritas pembangunan agar desanya semakin berkembang, baik dari sisi sarana dan prasarana, pendidikan, kesejahteraan hingga kesehatan masyarakatnya.

Diungkapkannya, progam Pengembangan Kampung KB di Kudus telah dimulai dari tahun 2016 dengan ditetapkannya Desa Kutuk, Kecamatan Undaan sebagai Kampung KB pertama di Kudus. Secara bertahap, desa-desa lain mulai mengikuti jejek Desa Kutuk sebagai Kampung KB.

TRENDING :  Sebagian Masyarakat Masih Melirik BBM Jenis Premium, Ini Alasannya

“Pada tahun 2017, Kudus memiliki 10 Kampung Kb. Tahun 2018, jumlahnya bertambah menjadi 13 yang terdiri dari Desa Kutuk, Sambung, Jati Wetan, Payaman, Bulungcangkring, Kedungsari, Ternadi, Papringan, Keramat, Pedawang, Jati Kulon, Kandangmas dan Getasrabi,” katanya.

Bertambahnya Kampung KB di Kudus ini diharapkan dapat meningkatkan pencapaian progam Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKB-PK) dan pembangunan sektor terkait di Desa tersebut. (NNC/WH).

KOMENTAR SEDULUR ISK :