Kapal Pengangkut BBM Meledak

by

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Kejadian kapal meledak akibat mengangkut BBM kembali terjadi lagi di Jepara. Tahun lalu, KM. Mangrove Jaya terbakar di Pelabuhan Kartini Jepara, kini kejadian nyaris serupa terjadi di Pelabuhan Jepara di Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Kota. Yakni Kapal Motor (KM) Jasa Laut yang mengangkut pertalite dan solar meledak Jumat (31/3/2017). Kapal kayu tersebut pun langsung tenggelam di lokasi kejadian karena pecah.

KM Jasa Laut yang mengangkut sekitar 12 ton pertalite dan solar itu meledak sekitar pukul 09.30 WIB. Selain BBM yang diangkut dalam 32 drum itu juga membawa muatan lainnya seperti peralatan elektronik. BBM tersebut untuk mengisi stok BBM di SPBU Karimunjawa. Kapal Jasa Laut yang dinahkodai oleh Arifin itu membawa tiga anak buah kapal yakni Abdul Rosyid, Bambang dan Acok.

Saksi kejadian, Busairi menjelaskan, kejadian itu terjadi secara tiba-tiba. Kapal meledak tanpa menimbulkan kebakaran. Kapal pecah dan tenggelam. Sementara muatannya tercecer di atas permukaan laut. “Kapal tiba-tiba saja meledak tanpa ada kebakaran terlebih dulu,” kata Busairi.

Saat kejadian itu, Busairi berada di atas kapalnya, KM Makmur Jaya, yang juga memuat 12 ton BBM. Sama dengan KM Jasa Laut, KM Makmur Jaya juga mengangkut BBM untuk kebutuhan SPBU Karimunjawa. “Jaraknya dengan kapal saya relatif jauh. Saya sudah berangkat dulu,” imbuhnya.

Akibat peristiwa itu, kapten KM Jasa Laut, Arifin, beserta ABK Bambang, dan Acok mengalami luka bakar yang serius. Sehingga dirawat intensif di ICU RSUD Kartini. Sementara Abdul Rosyid dirawat di ruang UGD RS Graha Husada. Polisi masih melakukan penyelidikan terkait kejadian ini. Bangkai kapal serta muatan yang tercecer di permukaan laut dievakuasi. Polisi juga memasang garis polisi di sekitar lokasi kejadian.

Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab terbakarnya kapal. Dugaan sementara karena korsleting listrik. Sebab, di kapal selain mesin, juga ada perangkat listrik seperti aki. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :