Kapal Rakyat Yang Layani Penyebrangan Karimunjawa Harus Penuhi Standar Keamanan

oleh

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Seiring dengan munculnya Kapal Modern seperti Kapal Motor Cepat (KMC) dan Kapal Motor Penumpang (KMP), penyebrangan ke Karimunjawa kini tidak banyak yang menggunakan Kapal Rakyat milik nelayan. Kondisi ini berbeda dengan puluhan tahun lalu, saat kapal rakyat menjadi andalan untuk penyebrangan dari dan ke Karimunjawa. Pada situasi-situasi tertentu, Kapal Rakyat masih menjadi andalan, terutama pada saat cuaca tidak menentu untuk pelayaran kapal-kapal modern.

TRENDING :  Pelayanan Kependudukan Saat Puasa Sesuaikan Jam Masuk ASN

Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Syahbandar Jepara Suripto, menyatakan sampai saat ini masih ada belasan kapal rakyat yang melayani transportasi penumpang untuk Jepara-Karimunjawa. Dalam satu bulan pihaknya memastikan ada setidaknya 25 pelayaran dilakukan oleh kapal-kapal rakyat ini.

Selama ini, pihaknya memang mengijinkan kapal rakyat pengangkut barang untuk berlayar dari Jepara-Karimunjawa. Namun pada kenyataanya ternyata juga masih ada kapal-kapal rakyat yang mengangkut penumpang. Kapal rakyat pengangkut barang dan kapal penumpang tentu saja tetap harus memenuhi standar minimal keselamatan.

TRENDING :  Puluhan Orang Keracunan Usai Konsumsi Nasi Kotak

Menurutnya, tabung pemadam kebakaran dan jaket keselamatan di atas kapal harus ada.Selain itu kapal juga harus melalui pemeriksaan petugas kami. “Biasanya yang sering tidak terpenuhi adalah, seharusnya adanya sekat pemisah antara ruang mesin dengan ruang muatan,” ujar Suripto.

TRENDING :  Tak Banyak Dilibatkan di Pesta Lomban, Nelayan Mengeluh

Sedangkan Camat Karimunjawa Budi Krisnanto menyatakan, setelah adanya Kapal ASDP dan Kapal Cepat, kapal rakyat yang terbuat dari kayu sudah ditinggalkan masyarakat. Kapal-kapal rakyat saat ini hanya digunakan untuk melayani jalur antar pulau di Karimunjawa. Sedangkan kalau dari Jepara ke Karimunjawa, kapal rakyat hanya digunakan untuk mengangkut barang dan kebutuhan pokok masyarakat.(ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*