Kapolres Kudus : Monumen Laka Lantas Agar Pengendara Lebih Waspada Dan Berhati Hati

Kapolres Kudus : Monumen Laka Lantas Agar Pengendara Lebih Waspada Dan Berhati Hati

14352350_1696118004042039_1433269520242166422_oKudus, isknews.com – Kapolres Kudus AKBP Andi Rifai, Selasa (20/9), meresmikan monumen kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Monumen yang dimaksudkan sebagai peringatan bagi masyarakat pengguna jalan raya itu,  didirikan di pertigaan jalan lingkar selatan, bentuknya berupa tugu setinggi sekitar 2,5 meter yang di bagian atasnya diletakkan sebuah mobil dan sepeda motor yang ringsek, akibat mengalami kecelakaan lalu lintas.

Hadir dalam acara itu, diantaranya, Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (LLAJ) Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kudus, Putut Dwi Kuncoro. Wakil dari unsur Satpol PP dan unsur dari Kodim 0722 Kudus.

Kapolres Kudus Andi Rifai, dalam sambutannya mengatakan, didirikannya monumen laka lantas dimaksudkan sebagai peringatan bagi masyakat, agar berhati-hati saat di jalan raya. Selain berhati-hati, bagi warga masyarakat yang berkendaraan di jalan raya, diminta agar mentaati peraturan lalu lintas, karena dengan cara itulah bisa terhindar dari terjadinya kecelakaan lalu lintas. “Dengan adanya menumen laka lantas ini, diharapkan bisa mengurangi atau menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kudus.”

Penempatan monumen laka lantas di pertigaan jalan lingkar selatan itu, kata Kapolres lanjut, karena di tempat itulah pernah terjadi kecelakaan tunggal Bus Tiara Mas, pada 18 Mei 2016 yang berakibat jatuhnya korban 7 orang tewas dan 23 orang luka-luka. Penyebab kecelakaan itu diduga kekurang hati-hatian pengemudi bus dan tidak mentaati peraturan lalu lintas. Karena seringnya terjadi laka lantas di pertigaan itu, jalur itu ditetapkan sebagai wilayah Blackspot area atau wilayah dengan potensi kecelakaan lalulintas tinggi. “Diresmikan tugu peringatan laka lantas ini, juga sebagai momentum Kudus ditetapkan sebagai Kabupaten Tertib Lalu Lintas.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  Apel persiapan Operasi Zebra Candi 2016

Share This Post