Kapolres : Paslon Patuhilah PKPU Untuk Pilkada Berkualitas

oleh
Kapolres Kudus
Foto: Kapolres Kudus, AKBP Agusman Gurning saat memberikan sambutan dalam kegiatan focus grup discussion (FGD) di Hotel Hom Kudus. (istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kapolres Kudus, AKBP Agusman Gurning berharap, dalam pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kudus dan Gubernur Jawa Tengah nantinya berlangsung damai, berintegritas dan berkualitas. Hal itu dikatakan Gurning dalam kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) di salah satu hotel di Kudus, Rabu (21-02-2018).

Acara yang dihadiri 150 orang lebih ini, tidak lain bertujuan untuk membuat Pilkada Kudus berjalan lancar. Diharapkan dengan kegiatan FGD tersebut, para Paslon maupun timsesnya dalam pelaksanaan kampanye bisa menaati peraturan dari KPU maupun Panwaslu.

Menciptakan kudus aman, lanjut Gurning, “Karenanya hari ini kami kumpulkan guna mempererat tali silaturrahmi. “Kalau mau aman maka sering seringlah silahturrahmi,” begitu nasihat dari Kyai Kharismatik Kudus KH Sya’roni Ahmadi, waktu pertama kalinya saya sowan kepada beliau.”

TRENDING :  Bikin Haru, Kapolres Kudus Kayuh Becak Antar Anggotanya Yang Pensiun

“Sebab, jika sering silahturrahmi dan saling bertemu, nantinya kalau pada waktu kampanye para paslon, timsesnya atau pendukungnya bisa menjaga damai,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, pilkada damai, kampanye anti hoax, kampanye anti SARA, dan kampanye anti politik uang yang diusung oleh KPU, harus diupayakan bersama.

Karenanya, lanjut Gurning, unsur penting agar pilkada bisa berjalan lancar aman adalah sinergitas antar steckholder, diantaranya KPU, Panwas dan unsur keamanan juga dari pasangan calon, saling bekerja sama sehingga keamanan bisa terwujud.

TRENDING :  Ciptakan Generasi Emas Penerus Bangsa, Polres Kudus Gelar Latsar Saka Bhayangkara 2017

Sementara itu, Joko Purnomo perwakilan KPU Jateng, Pilkada 2018 di Jawa tengah antara lain pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Disamping itu pemilihan bupati dan wakil bupati serentak juga digelar, diantaranya Kabupaten Kudus, Karanganyar, Magelang, Temanggung, Banyumas, Tegal dan pemilihan walikota dan wakil walikota Tegal.

Syarat pilkada berkualitas, lanjut Joko, diantaranya berlangsung secara demokrasi, manajemen yang efektif, penyelenggara yang kredibel dalam hal ini KPU dan Bawaslu di semua tingkatan.

Selain itu, Kesadaran dan pengetahuan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, juga berpengaruh suksesnya penyelenggaraan pilkada.

Menurut perwakilan Bawaslu Jateng, Sri wahyu Ananingsing, pada UU N0 10/2016 berbunyi, kampanye pemilihan dilakukan sebagai wadah untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi misi, dan program calon gubernur dan calon wakil gubernur, calon bupati dan calon wakil bupati serta calon walikota dan calon wakil walikota.

TRENDING :  Kapolres Kudus Pimpin Upacara Korp Raport Pengabdian dan Purnabakti

Karenanya, “Kampanye pemilihan juga merupakan kegiatan menawarkan visi, misi, program dan atau informasi lainnya yang bertujuan mengenalkan atau meyakinkan pemilih,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, segenap perwakilan Polres, Dandim, para Paslon, perwakilan Kemenag, Ketua MUI Kudus, para akademisi, pelajar dan mahasiswa, serta tamu undangan lainnya. (AJ/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :