Karasgede Kembangkan Usaha Sari Kedelai

by

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Lestari Sejahtera desa Karasgede Kecamatan Lasem Tengah mengembangkan usaha susu kedelai. Sebelumnya sudah ada tiga unit yang telah dikembangkan, yakni usaha unit biogas, unit PAM Desa dan unit simpan pinjam.

Kepala Desa Karasgede, Suyoto mengatakan dipilihnya unit usaha sari kedelai karena pangsa pasarnya sangat menjanjikan. Selain itu pembuatan olahan sari kedelai dinilai sangat sederhana dan yang terpenting tidak ada limbah yang dihasilkan.

TRENDING :  Santri Asal Kudus Meninggal Tenggelam di Embung Lodan Rembang 

“Kami memilih pengolahan sari kedelai karena pangsa pasarnya bagus mas. Selain itu tidak ada limbah yang dihasilkan, ini dikerjakan di ruang tamupun bisa,”ujarnya.

Suyoto menambahkan untuk bahannya saat ini masih memakai produk dari luar daerah. Namun itu masih memungkinkan untuk memakai produk kedelai lokal asalkan ketika panen kedelai sudah betul- betul matang sehingga sari- sarinya betul- betul maksimal.

TRENDING :  Perkenalkan Budaya Daerah Melalui Festival Lasem

“Untuk modal awal yang digunakan untuk memulai usaha di tahun 2016 ini Rp. 60 juta. Modal itu kami dapatkan dari BMT Bus tanpa bunga, ” imbuhnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :