Kasus Turun, Kudus Menuju Eliminasi Kusta

oleh
Kasus Turun, Kudus Menuju Eliminasi Kusta
Foto: Kegiatan validasi data kusta di Aula Puskesmas Jepang, Rabu (25-07-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM).

Kudus, ISKNEWS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus mengklaim kasus kusta tahun 2018 menurun. Dari tahun lalu, penderita kusta di Kudus mencapai 64 orang. Tahun ini, menurun drastis hingga 9 orang.

“Sebenarnya dari tahun 2016 hingga 2018 Kudus telah mengalami penurunan kasus kusta. Untuk tahun ini, kasus kusta mengalami penurunan yang cukup signifikan. Berdasarkan data yang terkumpul hingga bulan Juli ini telah ditemukan dua kasus PB dan tujuh kasus MB,” jelas Pengelola Progam Kusta Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Nuryanto.

TRENDING :  Terjaring Razia Satpol PP, Siswa ini Kedapatan Koleksi Video Porno di HP nya

Dalam acara Validasi Data Kusta di Kabupaten Kudus yang digelar di Aula Puskesmas Jepang, Rabu (25-07-2018), Nuryanto, mengungkapkan sebenarnya Dinas Kesehatan telah menyatakan Kudus Eliminasi Kusta pada tahun 2012. Dari wacana tersebut pihaknya terus melakukan upaya pengentasan kasus kuata di Kudus.

Dia mengungkapkan pihaknya terus melakukan upaya jemput bola terhadap penderita kusta di Kudus. Dengan begitu, diharapkan penderita kusta dapat diketahui lebih dini. Sehingga penderita bisa segera ditangani.

TRENDING :  Duh, Siswi SMK ini Kedapatan Simpan Test Pack di Tas Saat Terjaring Razia Satpol PP
Kasus Turun, Kudus Menuju Eliminasi Kusta
Foto: Kegiatan validasi data kusta di Aula Puskesmas Jepang, Rabu (25-07-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM).

Bahkan pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Kusta Donorojo di Jepara. Nuryanto menegaskan, jika ada pasien kusta yang mengalami kecacatan dan berkenan untuk melakukan rehabilitasi. Maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus akan melakukan penjemputan pasien untuk melakukan pengobatan di RS Kusta.

“Semua pengobatan penyakit kusta di Kudus gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun. Sehingga jika ada masyarakat yang mengeluhkan kusta, segeralah malakukan pengobatan ke puskesmas terdekat,” tegasnya.

TRENDING :  Area Parkir Terminal Tipe A Jati Masih Terendam

Dia mengatakan Kudus Eliminasi Kusta bukan hal yang sulit jika kerjasama sinergi dari semua pihak dapat terus terjaga. “Jika ada penderita kusta, segera laporkan dan bawa ke pelayanan kesehatan terdekat agar segera diobati. Semakin banyak penderita yang ditemukan, maka semakin banyak penderita yang disembuhkan dan tercapainya Kudus Eliminasi Kusta,” pungkasnya. (NNC/WH).

KOMENTAR SEDULUR ISK :