Kawal Pelayanan Adminduk, Ombudsman RI Jateng Kunjungi Disdukcapil Kudus

oleh
Kawal Pelayanan Adminduk, Ombudsman RI Jateng Kunjungi Disdukcapil Kudus
Foto: Kadin Dukcapil Kudus Hendro Martoyo menyambut Rombongan Ombudsman RI Jateng saat lakukan pemantauan. (Dokumentasi Dukcapil Kudus)

Kudus, ISKNEWS.COM – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) mengawal terus proses pelayanan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di seluruh Indonesia.

“Kami (ORI) akan mengawal proses perekaman E-KTP karena pelayanan ini menjadi perhatian kami,” kata Achim Dartasim, saat mengunjungi dan memantau pelayanan di kantor Disdukcapil Kudus, Selasa (12/6/2018).

Dalam kedatangannya kali ini untuk melakukan pemantauan terhadap pelayanan kepada masyarakat. Sebab, lanjutnya, dalam cuti bersama lebaran, Disdukcapil di wilayah Jawa Tengah masih melakukan pelayanan, termasuk di Kudus.

TRENDING :  Polri Pastikan Pelapor Beras Plastik Tak Akan Dipidanakan

Achim juga memuji adanya banyak program di Disdukcapil Kudus, yang memudahkan masyarakat, sehingga tidak perlu lagi bersusah payah dalam mengurus e-KTP maupun surat – surat lainnya.

Diantara program Dukcapil Kudus adalah, Si Bolang Mahir (Si Buah Hati Lahir pulang membawa akte kelahiran), Wassalam (Wafat sehari langsung mendapat akte kematian). Satu lagi yaitu pelayanan mobil keliling online.

TRENDING :  Komoditas Unggulan Warnai BBGRM XV dan HKG PKK Jateng 2018

Kemudian, pelayanan administrasi kependudukan, akte kematian, akte kelahiran, perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) melalui pelayanan mobiling jemput bola dengan mobil keliling atau berbasis online atau aplikasi android.

Achim mengungkapkan, Disdukcapil Kudus salah satu badan kedinasan yang memberikan pelayanan terbaik di Jawa Tengah. Bahkan diantara dinas yang sering mendapat kunjungan studi banding dari daerah lain.

Dalam kunjungannya kali ini, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menerima keluhan terkait kendala yang dihadapi oleh pihak Disdukcapil Kudus.

TRENDING :  Membangun Jalan Desa Ujud Sinergitas Warga dan TNI

Sementara itu, kepala Dinas Dukcapil Kudus, Hendro Martoyo yang didampingi Sekdin Disdukcapil, Putut Winarno mengatakan, Masa cuti bersama yang telah dimulai tanggal 11 Juni pihaknya masih tetap buka seperti biasa. “Khusus pada tanggal 15 – 17 Juni libur lebaran dan Senin 18 Juni masuk kembali pelayanan hingga pelaksanaan Pilkada serentak tanggal 27 Juni,” ungkapnya (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :