Kawasan Rumah Pangan Lestari, Pemanfaatan Pekarangan Untuk Ketahanan Dan Kemandirian Pangan

by

Kudus, isknews.com – Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) adalah sebuah konsep lingkungan perumahan penduduk yang secara bersama-sama mengusahakan pekarangannya secara intensif untuk dimanfaatkan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan. Yaitu dengan pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dalam suatu kawasan.

Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup sepanjang waktu merupakan keniscayaan yang tidak terbantahkan. Hal ini menjadi prioritas ke depan, setiap rumah tangga diharapkan mengoptimalisasi sumberdaya yang dimiliki, termasuk pekarangan, dalam menyediakan pangan bagi keluarga.

TRENDING :  Satgas Pangan Temukan Beras Medium Dijual Lebihi HET

Sasaran dari kegiatan KRPL adalah berkembangnya kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial yang bermartabat. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari menuju keluarga dan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Hal tersebut disampaikan oleh Ari Mulyani Mustikaningtyas SP, Kasie Konsumsi dan Ketersediaan Pangan Bidang Ketahanan Pangan pada Dispertanpangan Kudus saat bebincang dengan media ini di Kantornya, Kamis (19/10/17).

TRENDING :  Beras Rastra Warga Desa Pasucen Dipenuhi Kutu

“ Tujuan dari KRPL adalah tersedianya sumber pangan dan gizi keluarga yang diperoleh dari pemanfaatan pekarangan, meringankan biaya kebutuhan rumah tangga dalam penyediaan bahan pangan lokal dan menumbuhkan produktifitas sumber daya manusia ,” terangnya.

TRENDING :  Daftar Pasar Tradisional di Kudus
KOMENTAR SEDULUR ISK :