Kecamatan Gebog, Ternyata Diambil dari Nama Sebuah Dukuh

by
ISKNEWS.COM
Foto: Kantor Camat Gebog, Kudus. Kamis (24-05-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Gebog merupakan sebuah nama kecamatan di Kabupaten Kudus. Kecamatan yang terletak di bagian barat laut Kabupaten Kudus ini, rupanya menyimpan sebuah kisah yang menarik.

Plt. Sekertaris Desa Gondosari, Muhammad Yusuf mengatakan kecamatan Gebog diambil dari nama sebuah dukuh di desanya. Dukuh tersebut bernama Gebog. Konon, nama gebog merupakan pemberian dari seorang ulama’ yang bernama Raden Muhammad Syarif.

“Mbah Syarif merupakan putra adipati Sumenep, Pangeran Yudhonegoro yang berdakwah di pantai pesisir utara Jawa, pada masa Kerajaan Sultan Agung atau abad 16,” ucapnya pada isknews.com, Kamis (24-05-2018).

TRENDING :  Pengisian Perangkat Mojolawaran, Diduga Diwarnai Bagi-bagi “Honor”

Dikatakan Yusuf, dalam perjalannya berdakwah, Mbah Syarif selalu berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lain. Beberapa daerah yang dilalui Mbah Syarif, ada yang diberikannya nama. Salah satunya adalah daerah Gebog.

TRENDING :  Asal Usul Desa Banget

“Dahulu, daerah ini masih berupa hamparan tanah yang banyak ditumbuhi pohon pisang. Banyaknya pohon pisang yang tumbuh, hingga membuat daerah tersebut dipenuhi oleh Gedebog atau batang pohon pisang, yang menutupi di jalan,” ungkap Yusuf.

TRENDING :  Desa Pondowan Masuk Enam Besar Lomba Desa Tingkat Jateng

KOMENTAR SEDULUR ISK :