Kelompok Bahan Makanan Alami Deflasi 0,46 Persen

by
Foto: Ilustrasi

Kudus, ISKNEWS.COM – Kelompok bahan makanan pada April 2018 mengalami deflasi 0,46 persen atau terjadi penurunan indeks dari 157,60 pada Maret 2018 menjadi 156,88 pada April 2018.

“Dari 11 subkelompok yang ada, empat diantaranya mengalami deflasi, dan tujuh subkelompok mengalami inflasi. Subkelompok yang mengalami deflasi tertinggi adalah padi padian, ubi-ubian & hasilnya sebesar 2,43 persen, dan subkelompok yang mengalami deflasi terendah adalah ikan diawetkan sebesar 0,23 persen,” Ketua BPS Kudus Sapto Harjuli Wahyu melalui Hasbi Iqbal, Kasub tata usaha BPS Kudus, saat ditemui ISKNEWS.COM di pertemuan yang di Hotel Griptha Kudus, Rabu (2-5-2018).

TRENDING :  Kontestan Pilkada Kudus Wajib Daftarkan Akun Medsos

Sedangkan subkelompok yang mengalami inflasi terbesar, lanjut Hasbi, adalah telur, susu, & hasilnya sebesar 1,67 persen kemudian diikuti subkelompok daging dan hasilnya sebesar 1,52 persen.

Lalu kelompok bahan makanan pada April 2018 merupakan satu-satunya subkelompok yang mengalami penurunan indeks dengan memberikan andil/sumbangan deflasi sebesar 0,11 persen. Komoditas yang dominan memberikan sumbangan deflasi antara lain : beras, bawang putih, kentang, tomat sayur, dan jeruk, dimana semua komoditas tersebut merupakan lima komoditas dominan penyumbang deflasi secara umum.

TRENDING :  Netralitas TNI Harga Mati, Dandim Kudus Larang Anggota Dukung Calon Tertentu
KOMENTAR SEDULUR ISK :