Kelompok Bahan Makanan Alami Inflasi 2,09 Persen

by

Kudus, ISKNEWS.COM – Pada bulan November 2016 kelompok bahan makanan mengalami inflasi sebesar 2,09 persen, atau terjadi kenaikan indeks dari 145,23 pada Oktober 2016 menjadi 148,26 pada November 2016. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus Sapto Harjuli Wahyu.

Inflasi kudus
(ISKNEWS/YULIADI MUHAMMAD)

Sapto menjelaskan, dari 11 subkelompok yang ada, enam di antaranya mengalami inflasi. Sementara empat subkelompok mengalami deflasi, dan satu subkelompok relatif stabil atau tidak mengalami perubahan harga sama sekali.

Subkelompok yang mengalami inflasi tertinggi adalah bumbu-bumbuan sebesar 15,77 persen. Subkelompok yang mengalami inflasi terendah adalah lemak dan minyak 0,02 persen.

Sedangkan subkelompok yang mengalami deflasi tertinggi adalah daging dan hasilnya sebesar 2,33 persen dan subkelompok yang mengalami deflasi terendah adalah buah-buahan 0,47 persen.

Kelompok bahan makanan pada November 2016 memberikan sumbangan inflasi sebesar 0,51 persen, merupakan penyumbang inflasi terbesar bulan ini. Komoditas yang dominan memberikan sumbangan inflasi antara lain: bawang merah, cabai rawit, cabai merah, beras, daging sapi, cumi-cumi, dan ikan gabus.

KOMENTAR SEDULUR ISK :