Kelompok Bahan Makanan Alami Inflasi 2,09 Persen

Kelompok Bahan Makanan Alami Inflasi 2,09 Persen

Kudus, ISKNEWS.COM – Pada bulan November 2016 kelompok bahan makanan mengalami inflasi sebesar 2,09 persen, atau terjadi kenaikan indeks dari 145,23 pada Oktober 2016 menjadi 148,26 pada November 2016. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus Sapto Harjuli Wahyu.

Inflasi kudus
(ISKNEWS/YULIADI MUHAMMAD)

Sapto menjelaskan, dari 11 subkelompok yang ada, enam di antaranya mengalami inflasi. Sementara empat subkelompok mengalami deflasi, dan satu subkelompok relatif stabil atau tidak mengalami perubahan harga sama sekali.

TRENDING :  Sepi Pembeli PKL GOR Wergu Kudus Curhat Ke Dewan

Subkelompok yang mengalami inflasi tertinggi adalah bumbu-bumbuan sebesar 15,77 persen. Subkelompok yang mengalami inflasi terendah adalah lemak dan minyak 0,02 persen.

Sedangkan subkelompok yang mengalami deflasi tertinggi adalah daging dan hasilnya sebesar 2,33 persen dan subkelompok yang mengalami deflasi terendah adalah buah-buahan 0,47 persen.

Kelompok bahan makanan pada November 2016 memberikan sumbangan inflasi sebesar 0,51 persen, merupakan penyumbang inflasi terbesar bulan ini. Komoditas yang dominan memberikan sumbangan inflasi antara lain: bawang merah, cabai rawit, cabai merah, beras, daging sapi, cumi-cumi, dan ikan gabus.

TRENDING :  Antisipasi Penimbunan Sembako Jelang Ramadan, Dinas Perdagangan Gandeng Kepolisian Awasi Pedagang Nakal

Selain itu ada ikan kembung, kembung rebus, teri, ikan panggang, makanan bayi, susu untuk bayi, telur ayam kampung, bayam, buncis, kacang panjang, kangkung, ketimun, kembang kol, kol putih, kacang tanah, anggur, jeruk, semangka, bawang putih, garam, kecap, dan kelapa.

Sedangkan komoditas yang dominan memberikan sumbangan deflasi, yaitu minyak goreng, telur ayam ras, salak, daging ayam kampung, daging ayam ras, daging kerbau, rampela ati ayam, bandeng, bawal, belanak, lele, mujair, tongkol, dan udang basah.

TRENDING :  Makanan Jadi, Minuman, Rokok, dan Tembakau Penyebab Tingginya Inflasi

Susu untuk tulang, kentang, labu siam, sawi hijau, tauge, terong panjang, tomat sayur, wortel, apel, melon, pepaya, dan gula merah juga memberikan sumbangan deflasi pada bulan November 2016. Berikut tabel inflasi bulan November untuk kelompok bahan makanan :

Tabel inflasi kudus

(MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post