Kelompok Bahan Makanan Sumbang Deflasi 0,25 Persen Di Bulan Oktober

by

Kudus, isknews.com – Perkembangan harga berbagai komoditas pada Oktober 2017 secara umum mengalami penurunan.┬áPenurunan harga jeruk, ikan kembung rebus, telur ayam ras, wortel, dan cabai rawit menjadi pemicu utama terjadinya deflasi di Kudus.

Berdasarkan hasil pemantauan BPS Kabupaten Kudus pada Oktober 2017 di Kudus, deflasi sebesar 0,09 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 135,39 lebih rendah bila dibanding bulan September 2017 yang mengalami inflasi sebesar 0,10 persen dengan IHK 135,51.

TRENDING :  Kecewa Karena Oleh Perangkat Dianggap Merebut Lahan, Dewan Kesenian Kudus Lepas Tangan Penyelenggaran Even Bulusan

Deflasi terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya indeks beberapa kelompok pengeluaran yaitu : kelompok bahan makanan 1,05 persen; dan kelompok sandang 0,11 persen.

Sedangkan kelompok yang mengalami kenaikan indeks adalah kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,41 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar 0,42 persen; dan kelompok transport, komunikasi, dan jasa 0,01 persen.

TRENDING :  Selama Cuti Lebaran,Disdagsar Pastikan Pantau Kondisi Pasar di Kabupaten Kudus

Kelompok komoditas yang memberikan andil/sumbangan deflasi pada Oktober 2017 adalah kelompok bahan makanan 0,25 persen; dan kelompok sandang 0,01 persen.

KOMENTAR SEDULUR ISK :