Kemah Pandu Pengenal HW,  Tempa Kader Persyarikatan Yang Tangguh

oleh
Sejumlah kader Pandu pengenal ikuti sejumlah kegiatan (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Dengan wajah cerah ceria ratusan anak-anak berseragam Pandu Hizbul Wathan (HW)  mengikuti serangkaian kegiatan yang digelar oleh Kwartir Daerah HW Kudus, mereka mengikuti kegiatan perkemahan dan berbagai lomba ketangkasan yang digelar oleh para kakak pembina mereka.

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan atau pembela tanah air adalah adalah organisasi otonom di lingkungan Muhammadiyah yang khusus dalam bidang kepanduan, pada jaman orde baru sempat dilebur menjadi Gerakan Pramuka, dan dari gerakan kepanduan ini juga telah pernah lahir beberapa tokoh nasional, salah satunya adalah Panglima Besar Jenderal Soedirman.

TRENDING :  Pemkab Kudus Garda Terdepan Pembuka Acara Di Festival ISTIQLAL III 2017
Suasana kegiatan Pandu Pengenal HW di Lapangan Muhammadiyah Kudus (Foto: istimewa)

Hal tersebut disampaikan oleh ketua kwartir daerah Hizbul Wathan Kudus, Rusydal hakim pada pembukaan Perkemahan dan Lomba Pandu Pengenal SD dan MI Muhammadiyah se Kabupaten Kudus di Lapangan Muhammadiyah  yang berada di sebelah utara SMP Muhammadiyah 1 Kudus, Jumat (02/11/2018).

Kegiatan yang juga sekaligus memperingati Milad 109 H/106 M Muhammadiyah ini  bertemakan Belajar, berlatih, bekerja, latihan, & ihsan pada sesama ,  mari kita berfastabiqul khoirot.

TRENDING :  Hari Lahir Pancasila Di Peringati Dengan Upacara Bendera Di Alun Alun Pagi Ini

Dijelaskan oleh Rusydal, Kegiatan ini  diikuti oleh ratusan kader Pandu Pengenal HW dari siswa SD dan MI di lingkungan pendidikan Muhammadiyah dan  dimaksudkan sebagai bagian dari salah satu sistem pendidikan diluar keluarga dan sekolah.

“Sehingga nantinya mereka menjadi muslim yang sebenar-benarnya, tangguh dan siap menjadi kader Persyarikatan, Umat, dan Bangsa,” ujar dia usai membuka even tersebut.

Menurutnya, dalam mencapai tujuan, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan diperlukan usaha dan kegiatan untuk membangkitkan semangat dan kemampuan peserta didik Pandu Pengenal.

TRENDING :  Kasdim Kudus dan Warga Masyarakat Serta Pemuda dan Pelajar Nonton Bareng Film Pengkhianatan G-30S/PKI

“Konsepnya, kita jalani seluruh kegiatan ini dengan enjoi, karena segala sesuatu jika kita lakukan dg senang hati akan menghasilkan hal-hal positif utk kita. Dalam kegiatan ini mari kita cari kawan yang sebanyak-banyaknya,” tutur Rusydal.

Perkemahan dan Pengenal SD/MI  digelar  selama dua hari dengan materi kegiatan diantaranya Peraturan Baris Berbaris (PBB), lomba Hasta Karya Bahan bekas, lomba Tahfidz Qur’an, Pentas Seni (Pensi) serta kegiatan berbasis outdoor yang lain. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :