Kembali, Ratusan Liter Miras Oplosan Diamankan Polisi

oleh
ISKNEWS.COM
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – Razia terhadap peredaran miras oplosan terus dilakukan oleh jajaran Polres Jepara. Yang terbaru, Kasat Narkoba Polres Jepara Hendro Asriyanto bahkan sendirian melakukan penggerebekan di rumah Mukanan (51) yang menjual miras oplosan. Rumah Mukanan yang berada di kelurahan Kauman Kecamatan Kota dirazia lantaran biasa menjysl miras oplosan ini. Mukanan tergolong nekad, lantaran rumah yang digunakan berjualan miras berada tidak terlalu jauh dari kantor Polsek Kota dan rumah dinas pejabat Polres Jepara.

TRENDING :  Puluhan Jerigen Miras Oplosan Diamankan

Kasat Narkoba Polres Jepara AKP Hendro Asrianto mengatakan, terungkapnya praktik pembuatan miras oplosan di rumah Mukanan berawal dari tertangkapnya tiga pasangan remaja yang membawa satu botol miras oplosan yang dibeli dari tempat Mukanan. Dari keterangan ketiga pasangan remaja tersebut, polisi langsung menggerebek rumah Mukanan.

“Awalnya saya curiga dengan ketiga pasangan remaja yang membawa miras oplosan dalam botol bekas air mineral. Mereka saya hentikan kemudian saya minta menunjukan tempat membeli,” kata Hendro.

TRENDING :  Perusahaan Harus Peka dengan Kondisi Lingkungan

Dari hasil penggerebekan lanjut Hendro, di rumah Mukanan didapati ratusan miras oplosan dalam wadah bekas air mineral berukuran 1,5 liter dan dua jerigen miras jenis ciu. Peralatan dan bahan untuk pembuat miras oplosan berupa perasa dan pewarna masih tersisa di ruang dapur.

Dari keterangan pemilik miras oplosan Mukanan, miras oplosan yang telah dikemas dalam botlo air mineral dijual langsung di rumah. Setiap botol dijual dengan harga Rp 25 ribu.

TRENDING :  Polisi Amankan Pelaku Penyalahgunaan Pupuk Bersubsidi

“Saya tidak menjual minuman di luar, pembeli biasanya langsung datang ke rumah saya,” ungkap Mukanan.

Tidak hanya mengamankan penjual miras oplosan, polisi juga membawa ketiga pasangan remaja ke Mapolres Jepara, guna diberikan pembinaan. Guna memberi efek jera kepada penjual miras, polisi menjerat dengan tindak pidana ringan sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Jepara nomor 2 tahun 2013 tentang larangan minuman keras dengan ancaman kurungan 3 bulan dan denda hingga lima juta rupiah. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :