Kemenag Kudus Akan Gelar Rukyatul Hilal Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1437 H

Kemenag Kudus Akan Gelar Rukyatul Hilal Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1437 H

Kudus, isknews.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus berencana kembali menggelar kegiatan rukyatul hilal (pengamatan hilal) dalam menentukan awal bulan Dzulhijah 1437 H. Penetapan awal bulan Dzulhijah sekaligus menjadi patokan kapan Hari Raya Idul Adha dilaksanakan.

hilal

Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kemenag Kudus menurut rencana akan menggelar Rukyatul Hilal pada Kamis, 1 September 2016 di gedung J lantai enam Universitas Muria Kudus (UMK). Sebelumnya saat penetapan awal bulan Ramadan dan Syawal juga dilaksanakan Rukyatul Hilal di tempat yang sampai.

Ketua BHRD Kemenag Kudus Sulthon kepada isknews.com mengatakan, kegiatan Rukyatul Hilal ini merupakan kali ketiga yang dilaksanakan di Kudus. Karena, lanjutnya, pada tahun sebelumnya kegiatan tersebut selalu dilaksanakan di Jepara. Sedangkan pemilihan tempat di lantai 6 UMK dikarenakan lokasinya yang sangat strategis untuk melihat hilal.

”Dengan ketinggian 84 mdpl mengarah ke barat dimungkinkan hilal dapat terlihat jelas apabila cuaca mendukung. Selain itu dari lokasi tersebut juga tidak terhalang oleh pepohonan, jadi tidak akan terhalang melihat matahari saat terbenam,” terangnya, Selasa (30/8).

Disisi lain, meski pemerintah baru akan menggelar Rukyatul Hilal dua hari lagi Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah terlebih dulu menentukan Hari Raya Idul Adha 1437 H pada Senin, 12 September 2016 mendatang. Hal itu sesuai dengan maklumat Nomor: 01/MLM/I.0/E/2016 yang dikeluar PP Muhammadiyah tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Dzulhijah 1437 H. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Awas Macet! Hindari Jalan Ini Selama Perayaan Hari Jadi Kudus

Share This Post