Kemenag Kudus Launching Layanan Haji Satu Atap

oleh
Kemenag Kudus
Foto: Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, Farhani, didampingi Kepala Kemenag Kudus, Noor Badi, saat meninjau kantor pelayanan haji satu atap, Rabu (14-02-2018). (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Farhani, meresmikan program pelayanan haji satu atap yang dilakukan di Kantor Kemenag Kudus, Rabu (14-02-2018).

Program Kemenag Kudus tersebut, mendapat apresiasi dari Kakanwil Kemenag Jateng, karena sejalan dengan upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien.

Hal itu membuktikan di lingkungan Kemenag dan optimalisasi pelayanan kinerja, Kemenag Kudus ternyata telah mampu membuat terobosan kerja yang manfaatnya akan sangat berpengaruh secara signifikan bagi masyarakat secara luas.

“Kami ketahui, sebelumnya Calon Haji (Calhaj) harus bolak-balik beberapa kali dari Kantor Kemenag ke Bank, terkait untuk mengurus nomor porsi haji. Namun dengan adanya pelayanan satu atap ini sekarang sudah tidak lagi karena sudah satu tempat, tidak memakan waktu dan lebih efisien,” sebut Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, Farhani.

TRENDING :  Jacobus Busono Cup Akhirnya Dapat Diraih

Ditambahkan, di lokasi yang sama juga telah standby beberapa bank penerima setoran biaya perjalanan ibadah haji (BPS BPIH).

Hal tersebut menurut Farhani, tentunya akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran ibadah haji dan kerjasama yang dilakukan dengan steckholder atau institusi lain.

Kakanwil dalam sambutannya mengatakan, menyambut baik adanya pelayanan terpadu satu atap bagi jamaah calhaj di Kudus. “Untuk itu, di Jateng membuat Kabupaten Kudus menempati urutan nomer 21. Itu artinya 20 kabupaten dan kota sudah memiliki layanan satu atap.”

TRENDING :  Pembukaan Darusan Umum Masjid Agung Kudus

Lanjutnya saat memotong pita peresmian, “Dengan mengucap Bismillahirrahmanirahim, saya resmikan program pelayanan haji satu atap di Kemenag Kudus. Semoga bisa bermanfaat luas bagi masyarakat.”

Sementara itu, Kakemenag Kudus, Noor Badi menjelaskan, sistem satu atap yang diterapkan Kemenag Kabupaten Kudus, merupakan tekad untuk memudahkan masyarakat mengurus segala suatu hal, sesuai motto Kemenag untuk lebih dekat dalam melayani umat.

“Kementerian Agama Kudus terus melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kinerja kami untuk mewujudkan upaya Lebih Dekat Melayani Umat. Serta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dengan sungguh-sungguh,” paparnya serius.

TRENDING :  Jelang UN/UAMBN-BK, Kemenag Kudus Gelar Sosialisasi

Noor menyampaikan, bahwa melalui program pelayanan haji satu atap, maka calon calhaj akan mendapatkan pelayanan yang efisien karena BPS BPIH sudah disepakati sebelumnya. Adapun tempatnya akan berkantor di ruang pelayanan haji (masih sama seperti sebelumnya), namun ruangannya sudah di renovasi sedemikian rupa.

“Pelayanan haji telah dimulai sejak diresmikannya Kakanwil, sehingga masyarakat bisa langsung melakukan pembayaran adminstrasi ibadah haji seketika itu,” terang Noor.

Diharapkan Noor, ada sinergitas antara Kemenag dan pihak BPS BPH. “Semoga kerja keras ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat Kudus dan memberikan citra positif Kementerian Agama bagi masyarakat luas.” (AJ/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :