Kendalikan Harga Yang Tak Stabil, SPBU Wajib Layani Pembelian Gas Elpiji 3 Kilogram

Kendalikan Harga Yang Tak Stabil, SPBU Wajib Layani Pembelian Gas Elpiji 3 Kilogram

Kudus, isknews.com – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) wajib menyediakan dan melayani pembelian gas elpiji ukuran 3 kilogram kepada masyarakat umum. Penjualan gas elpiji  di SPBU dimaksudkan sebagai pengendali harga jual gas elpiji di tingkat pengecer. Harga di tingkat konsumen sekarang ini tidak stabil, disebabkan stok di pasaran yang sering terlambat, bahkan nyaris mengalami kelangkaan.

elpiji 3 kg kudus
Petugas SPBU R. Agil Kusumadya saat menunjukkan stok elpiji. (ISK/DARMANTO NUGROHO)

Joko Santosa, pemilik SPBU di Jalan AKBP Agil Kusumadia, Kudus, yang dihubungi isknews.com, Kamis (13/10), membenarkan hal itu. Menurut dia,  penjualan gas elpiji 3 kilogram oleh SPBU itu berlaku bagi masyarakat umum, artinya tidak terbatas bagi warga masyarakat di sekitar lokasi SPBU dan tidak harus menggunakan kupon.  “Harganya pun sesuai ketentuan yang diberlakukan oleh Pertamina, yakni Rp 15.500 per tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram.”

BACA JUGA :  Asyik, Harga Sembako Mulai Turun

Meskipun harganya lebih rendah di tingkat  pengecer yang rata-rata Rp 18.000 – 20.000 per tabung, ungkapnya lanjut, pembelian gas elpiji 3 kilogram di SPBU itu berlaku pembatasan, yakni tidak boleh lebih dari dua tabung untuk setiap orang. Hal itu mengingat tingginya permintaan warga masyarakat yang membeli gas elpiji 3 kilogram di SPBU yang setiap hari rata-rata mencapai 100 tabung.

“Sementara pasokan dari Pertamina, hanya 100 tabung per minggu untuk setiap SPBU.”

Joko menambahkan, di Kabupaten Kudus sekarang ini terdapat sebanyak 18 SPBU, tersebar di sembilan kecamatan. Jika setiap SPBU mendapat pasokan 100 tabung gas elpiji 3 kilogram, maka hanya sebanyak 1800  warga masyarakat yang membutuhkan gas elpiji 3 kilogram yang bisa terlayani oleh SPBU. “Kembali pada fungsinya,  SPBU melayani pembelian gas elpiji untuk pengendalian harga, bukan sebagai  pangkalan yang menjual sesuai permintaan konsumen.”(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post