Kepala Dispertanak Angkat Bicara Terkait Ketersediaan Pupuk

by
ISKNEWS.COM
Foto: Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Pati, Muchtar Efendi. (istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Kekhawatiran petani tentang ketersediaan pupuk akhirnya ditanggapi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Pati, Muchtar Efendi. Ia menjelaskan, meski alokasi dari pemerintah tidak sesuai dengan kebutuhan yang tercantum dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), namun ia berharap pupuk bersubsidi bisa tercukupi.

Melalui anggaran perubahan pertengahan tahun ini, diharapkan ketersediaan pupuk bersubsidi akan tercukupi. Oleh karenanya, petani agar segera mengurus kartu tani milik mereka.

“Kami harap para petani dapat segera mengurus kartu taninya. Karena dengan program kartu tani semacam itu baik untuk penataan distribusi pupuk bersubsidi,” terang Muchtar, saat ditemui, Rabu (28-03-2018).

TRENDING :  Bupati Pati : Kami Usahakan Memperpanjang Lintasan Balap Di Joyokusumo

Lebih lanjut, ia mengatakan, dengan berlakunya kartu tani, distribusi pupuk kepada petani dinilai bisa lebih tepat sasaran dan mampu meminimalisir terjadinya penyimpangan.

“Sebab di kartu tani, setiap petani sudah memiliki alokasinya kebutuhannya sendiri. Jatahnya aman, tak akan digunakan orang lain,” paparnya.

TRENDING :  Rumah Warga Banjarsari “Digapres” Petir

Seperti diketahui, pada tahun ini pihaknya mendapat alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 129.276 ton dari kebutuhan yang diusulkan sebanyak 154.500 ton. Dari jumlah tersebut, pupuk Urea persentase pemenuhannya mencapai 98,23 persen. Yakni sebanyak 45.876 ton, dari pengajuan sebanyak 46.700 ton. Pemenuhan pupuk Urea ini menjadi yang tertinggi.

TRENDING :  Penunggang Vario Opname Selepas Terlibat Tabrakan di Doropayung

KOMENTAR SEDULUR ISK :