Kesadaran Berkendara Aman Masih Rendah

oleh

JEPARA , ISKNEWS.COM – Kesadaran warga Kota Ukir untuk berkendara secara aman masih rendah. Hal ini didapati dari hasil Operasi Zebra Candi yang berlangsung pada 30 Oktober hingga 12 November lalu.

Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Jepara, AKP I Putu Bagus Krisna Purnama menjelaskan, selama operasi tersebut jajarannya menilang 2.766 pengendara dan menegur 1.672 pengendara lainnya. Pengendara yang ditilang karena dinilai melakukan pelanggaran tergolong berat. Sementara yang hanya ditegur kepada pengendara yang melakukan jenis pelanggaran ringan. Teguran dilakukan sebagai bentuk pembinaan.

TRENDING :  Kapolres Keluhkan Ringannya Hukuman Bagi Penjual Miras

“Dilihat dari pelanggaran yang dilakukan hasi Operasi Zebra Candi, kesimpulan yang kita dapatkan adalah bahwa kesadaran berkendara secara aman masih rendah,” tutur Kasatlantas.

TRENDING :  Buntut Kerusuhan, 13 Suporter Diamankan

I Putu menjabarkan, pelanggaran terbanyak dalam operasi rutin yang digelar tiap tahun itu yakni pengendara roda dua yang tidak memakai helm. Jumlahnya ada 521 pengendara. Didapati pula 267 pengendara yang melanggar karena melawan arus selama operasi yang berlangsung kurang dari dua pekan ini.

TRENDING :  Polres Jepara Droping Belasan Ribu Liter Air ke Kedung

Selain itu, didapati pula 187 pengendara yang menggunakan telepon genggamnya saat berkendara. Kesadaran berkendara aman yang rendah juga didapati dari pengendara kendaraan roda empat. Sebanyak 308 pengendara roda empat ditilang karena tidak memakai sabuk pengaman (safety belt) selama operasi berlangsung.
“Pelanggaran lain-lain ada 222 pelanggar,” tandasnya. (ZA/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :