Kesuburan Tanah Semakin Menurun, Upaya Apa Yang Harus Dilakukan?

Kesuburan Tanah Semakin Menurun, Upaya Apa Yang Harus Dilakukan?

Surakarta, isknews.com – Berkaitan dengan hari tanah sedunia yang diperingati pada tanggal 5 Desember,masih sederet  masalah mengenai tanah dan lahan di Indonesia . Saat ini tanah semakin lama berkurang akan kesuburannya diakibatkan penggunaan bahan kimia untuk pertaian seperti penggunaan pupuk berkonsentrasi tinggi, dan bahan kimia tersebut akan menimbulkan dampak buruk bagi kesuburan tanah itu sendiri.

 

Kandungan bahan organik untuk tanah di Indonesia menurun. Menurut data, 60% lahan sawah di pulau Jawa, bahan orgaik yang terkandung di dalamnya hanya berkisar 1% saja. Hal ini cukup memprihatinkan, Karena idealnya bahan organik yang terkandung dalam tanah yaitu sebesar 2%. Selain akibat penggunaan pupuk kimia, pencemaran limbah oleh pabrik industri juga berdampak besar terhadap pengurangan kandungan organik dalam tanah yang mengakibatkan tanah itu tidak subur lagi.

TRENDING :  Masalah Indonesia Di Bidang Pertanian : Indonesia Lapar Lahan

 

Saat Dosen Fakultas Pertanian UNS Suntoro diwawancara isknews mengatakan, “ saat ini memang tanah di Jawa khususnya dan di Indonesia pada umumnya mengalami penurunan kualitas kesuburannya karena kandungan organiknya sangat kecil, hal yang dilakukan saat ini untuk meningkatkan bahan organik yang hanya sebesar 1% ini yaitu bagaimana selalu mengupayakan untuk meningkatkan kandungan organik dalam tanah” ujar Suntoro.

TRENDING :  Harga Mulai Stabil, Penjualan Beras Normal Kembali

 

“Saat ini kesadaran akan mengembalikan dan meningkatkan kesubura tanah sudah mulai terbangun, namun memang butuh proses, karena kita harus merubah kebiasaan petani yang biasanya menggunakan pupuk kimia menjadi menggunakan pupuk organik, dan perlu adanya pola – pola pertanian terpadu, yaitu bisa memanfaatkan peternak untuk diajak  kerjasama  dengan menggunakan kotoran ternaknya untuk pupuk, atau membuat pupuk kompos, hal ini akan berdampak baik untuk mengembalikan kesuburan tanah” tambah Suntoro.

TRENDING :  Diah Ayu Lestari Ikut Meriahkan Perayaan Tahun Baru

 

Amalia Zulfana

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post