Ketua Komisi D DPRD Kudus Sesalkan Wacana Kebijakan Kemendikbud Soal Penghapusan Sertifikasi Guru

Ketua Komisi D DPRD Kudus Sesalkan Wacana Kebijakan Kemendikbud Soal Penghapusan Sertifikasi Guru

Kudus, isknews.com – Semenjak pergantian di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo kemarin terlebih di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang sebelumnya diduduki Anis Baswedan kini digantikan oleh Muhadjir Effendi. Dalam pergantian di Kemendikbud itu Muhadjir Effendi mencanangkan kebijakan penghapusan sertifikasi guru baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Non PNS yang digantikan dengan Resonasi Financial.

Terkait hal itu tanggapan Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus Mukhasiron saat ditemui oleh isknews.com Selasa, (02/8) menyayangkan atas rencana kebijakan penghapusan sertifikasi bagi guru PNS maupun Non PNS, padahal dahulu program kerja sebelum Presiden Joko Widodo Sertifikasi Guru itu penting sehingga dengan adanya Sertifikasi dan Uji Kompetensi Guru (UKG) guru Non PNS itu diangkat melalui sertifikasi.

BACA JUGA :  4 pilar pembangunan di Kabupaten Kudus Jadi Andalan Penilaian EPPD

“jika wacana kebijakan itu diterapkan tentu tidak efektif jika sertifikasi di hapus, Padahal sebelum kepimpinan Presiden Joko Widodo sertifikasi guru terlebih guru swasta atau Non PNS itu diangkat jadi guru melalui sertifikasi ” terangnya.

Sementara itu, Dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi meniadakan atau penghapusan Sertifikasi dan UKG Guru untuk PNS maupun Non PNS itu membuang – buang anggaran sehingga perlu dihapus dan digantikan dengan Resonasi Financial. Sehingga guru tidak usah melakukan sertifikasi dan UKG dan mereka yang berstatus guru itu secara otomatis mendapatkan tunjangan.

Mukhasiron juga menambahkan bahwa jika memang dianggap membuang – buang anggaran kenapa dari dahulu tidak ada sekalian, dari anggaran Sertifikasi dan UKG itu kan yang menerima dan pelaksanaan kegiatan sertifikasi dan UKG cukup jelas untuk pengangkatan dari seorang guru.(SM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post