Keunikan Dari Makam Mbah Mudzakir

oleh

Demak – KH Abdullah Mudzakir atau sering dikenal dengan Mbah Mudzakir adalah seorang ulama yang pernah berjuang melawan belanda saat berada disemarang, ketika itu mbah mudzakir melawan belanda didaerah perbatasan antara Demak – Semarang lebih tepatnya di Sayung Demak Rabu, 03/06.

Dimasa perjuangannya mbah mudzakir mencegah belanda untuk masuk ke Demak pada saat itu, Beliau wafat di sayung makam beliau berada di Dusun Tambaksari Desa Bendono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.

TRENDING :  WASPADA !!! Berikut Informasi Lengkap Mengenai 6 Perusahaan Investasi Abal - Abal

Dari Keberadaan makam beliau ini sangatlah unik yaitu ditengah laut, ketika hendak berziarah menuju ke makam mbah mudzakir peziaran berjalan sepanjang 700 m yang samping kanan kirinya adalah air laut. Sebenarnya dahulunya Dusun Tambaksari atau keberadaan makam mbah mudzakir adalah daratan, namun karena terus – menerus terkena banjir rob air laut lama – kelamaan daratan itu mengalami abrasi sehingga keberadaan makam mbah mudzakir berada ditengah laut jangan salah jika anda menuju ke makam beliau terdapat tanaman bakau disekitarnya.

TRENDING :  Arpusda Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Kearsipan di Lingkungan Pemkab

Muhammad Fauzan (55) sebagai Juru Kunci dari makam mbah mudzakir saat ditemui ISK memaparkan “Keberadaan makam mbah mudzakir atau KH Abdullah Mudzakir ditengah laut, dulu adalah daratan dan lama – kelamaan kena abrasi serta rumah yang terendam dan hancur ditinggal pemiliknya” paparnya.

TRENDING :  Tak Disangka, Desa Cranggang Simpan Sebuah Kisah Kebhinekaan

Selain keunikan keberadaan makamnya, keunikan yang lain antara lain adalah ketika banjir pasang air laut tiba semua jalan menuju lokasi makam terendam sedangkan makam mbah mudzakir sendiri tidak tergenang seolah – olah makam tersebut naik dan tidak terendam oleh air.

KOMENTAR SEDULUR ISK :