Kharisma Kartini Dalam Lukisan Pelepah Pisang

oleh
Foto: Lukisan Kartini dari pelepah pisang di Tirem Gallery milik Jafar Labib. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM).

Pati, ISKNEWS.COM – Siapa sangka, pelepah pisang yang banyak diabaikan bisa menjadi karya yang menakjubkan ? Adalah Jafar Labib, warga Desa Jepat Lor, Kecamatan Tayu, Pati lebih memilih pelepah pisang sebagai media melukis.

Bersamaan dengan Hari Kartini tahun ini, Jafar mengaktualisasikan karya lukisannya dengan melukis sosok Kartini dari pelepah pisang.

Bermula dari mengagumi sosok Kartini, yang memperjuangkan harkat perempuan Indonesia, ia mencoba membangun sosok idolanya itu dalam bentuk lukisan.

TRENDING :  Tren Urban Farming Bukan Sekedar Penuhi Kebutuhan Pangan Keluarga

“Ini merupakan ispirasi besar. Saya sengaja menghadirkan spirit perjuangan Kartini, agar mereka yang melihat lukisan ini benar-benar mengerti bagaimana perjuangan Ibu kartini,” ungkapnya, Sabtu (21-04-2018).

Dari lukisan tersebut, lanjutnya, banyak orang yang terinspirasi dan kemudian ingin memilikinya. Bahkan, tak sedikit pula yang meminta diajarkan caranya membuat lukisan dari pelepah pisang. Terlebih, bahan baku sangat mudah untuk didapatkan, apalagi di wilayah pedesaan.

TRENDING :  Pertumbuhan Sektor Perbankan di Jawa Tengah Menggembirakan

“Selain ramah lingkungan, pelepah pisang juga sangat mudah didapatkan. Kalau bisa menjadi karya seni, kenapa tidak kita manfaatkan,” terangnya.

Bersama dengan Tirem Gallery, Jafar sering mengembangkan lukisan pelepah pisang itu. Tidak sedikit anak sekolah yang mampir ke Tirem gallery sekedar mengetahui lukisan Jafar. Sesekali mereka juga belajar untuk melukis.

Dalam membuat lukisan kartini ini, dia mengaku hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Yang terpenting, semua bahan sudah siap dan tinggal merangkainya menjadi sebuah lukisan yang artistik dan kharismatik. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :