Khitanan Umum Masjid Agung Kudus Diikuti 99 Anak, Usia Terkecil 5 Tahun

oleh

Kudus, isknews.com – Masjid Agung Kudus dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, menggelar Khitanan Umum pada Minggu, (26/11/2017). Sebelumnya, pada malam harinya, telah diadakan Khotmil Qur’an, Do’a Rosul sebagai serangkaian khitanan umum yang digelar setiap tahunnya.

“Tahun ini jumlah yang di khitan berjumlah 99 anak,” Kata Noor Fanani, Ketua Panitia PHBI Masjid Agung Kudus kepada isknews.com usai acara pembukaan.

Sejak pendaftaran khitan pada tanggal 10 November 2017, lanjut Fanani, di hari itu pula seketika pendaftar 50 lebih anak, “Awal mula tercatat 106 pendaftar, dan di hari ini yang registrasi ulang hanya 98, namun saat menjelang proses khitan, ada pendaftar susulan, yang berasal dari grobogan, jadi total hari ini yang di khitan 99 anak” jelasnya

TRENDING :  Jelang Puasa Tradisi Bersihkan Makam Masih Kental

Rata-rata usia dari mereka adalah masih sekolah tingkat dasar kelas 6, “peserta usia terkecil 5 tahun bernama Muhammad Kahfi Ahnaf asal Desa Tanjung Rejo Kecamatan Jekulo,” tandasnya

Dua tahun terakhir kuota khitan masih sama, yani 100 anak, membatasi”Untuk pendaftar lainnya akan kami arahkan ke tempat khitan lainnya, yakni di JHK, atau di Menara Kudus, karena dua tempat itu selalu menyelenggarakan juga setiap tahunnya,” imbuhnya.

TRENDING :  Gus Ghofur Maimoen: Ulama Harus Jadi Suri Tauladan Bagi Umat

Peserta khitan mendapatkan seragam, sarung, kopiah, uang, sandal, tas, buku dan celana dalam khusus khitan dari pihak sponsor dari perusahaan yang ada di Kabupaten Kudus. “Sementara untuk jumlah tenaga khitan berjumlah 3 orang dengan dibantu 7 tenaga medis lainnya,” tegasnya

TRENDING :  Kemas Gema Ramadhan Dalam Bentuk Dialog Kebangsaan

Selain Khitanan umum, Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Maulid Nabi Muhammad SAW dan Ta’mir Masjid Agung Kudus, diantaranya agenda sholawat diiringi terbang papat (Baca: Rebana) secara berturut-turut selama 12 Malam setelah sholat isya’, yaitu dari tanggal 1 – 12 rabi’ul awal 1438H yang bertempat diserambi masjid Agung Kudus.

Dalam pembukaan khitanan umum, Bupati Kudus H.Musthofa yang diwakili Asisten 2 Budi Rahmat sangat mengapresiasi kegiatan yang sudah puluhan tahun berjalan ini. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :