Kinerja Keuangan BUMD Harus Ditingkatkan

oleh
Foto: Direktur PDAM Jepara Prabowo (berdiri) memaparkan kinerja BUMD yang dipimpinnya kepada Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Selasa (22-5-2018). (Istimewa)

Jepara, ISKNEWS.COM – Kinerja keungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Jepara harus terus dipacu. Meskipun secara umum, lima BUMD yang dimiliki Pemkab Jepara kinerjanya cukup bagus dan sehat. Hal ini disampaikan oleh Bupati Jepara Ahmad Marzuqi saat menerima laporan kinerja keuangan BUMD Jepara, untuk tahun 2017 dan catur wulan I di tahun 2018, Selasa (22-5-2018).

Kegiatan yang dilaksanakan, di Ruang Sosrokartono dihadiri jajaran direksi lima BUMD di Kabupaten Jepara. Pelaporan kinerja keuangan diawali dari Direktur PD Bank Perkreditan Rakyat Jepara Artha (Persero), dilanjutkan PD. BPR BKK, Bank Jateng, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan Perusda Aneka Usaha. Dari laporan lima perusahaan yang bekerjasama dengan pemerintah ini, menunjukkkan adanya pemenuhan capaian target.

TRENDING :  Bappeda : Dana DBHCHT Bisa Untuk Pembangunan Insfratuktur Fisik

“Setelah mendengarkan laporan dari masing-masing BUMD, secara umum masuk dalam kategori sehat. Artinya, hal ini, harus tetap dipertahankan,” kata bupati.

TRENDING :  Persijap Pecat Pelatih Fernando Sales

Disampaikan Marzuqi, walaupun secara umum masing-masing BUMD dalam kondisi sehat dan baik, perlu dipacu lagi agar lebih lestari berkembang. Hal ini, harus dimulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), yang berada di dalamnya. Kreatifitas dan inovasi, diharapkan selalu dimunculkan dalam membuat trobosan baru agar lebih maju. “Termasuk keberadaan Kelapa Park, yang saat ini dikelola oleh Perusda Aneka Usaha, harus kita apresiasi,” kata dia.

TRENDING :  Solusi Menyejahterakan Masyarakat Kreatif ala Kang Mus

Sementara itu, Direktur PDAM Jepara Prabowo mengatakan, kinerja PDAM berdasarkan Permendagri masuk dalam kategori cukup. Tahun ini, PDAM Jepara menargetkan sebanyak 5 ribu sambungan melalui program sambungan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 3.500 sambungan. Terkait hal ini, PDAM Jepara, menempati urutan ketiga sambungan MBR terbanyak di Indonesia, setelah Kabupaten Bandung, dan Banyumas. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :