Kirab Budaya Dan Sertifikasi Lentog Tanjung

Kudus, isknews.com – Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Minggu (28/8), mengadakan Kirab dan Sertifikasi Pedagang Lentog. Acara yang berlangsung di areal parkir pusat kuliner lentong Desa Tanjungkarang itu, ditandai dengan penyerahan serifikat kepada sebanyak 36 penjual lentog, oleh Kepala Desa Tanjungkarang Sumarno, disaksikan oleh Camat Jati, Andreas.

Sebelum acara inti dimulai, diawali dengan kirab budaya. Peserta kirab budaya Lentog Tanjung itu diawali pembawa spanduk dan pembawa bendera merah dari Karang Taruna desa setempat, drumband SD-01 Desa Tanjungkarang, barisan 12 pasangan suami istri pembawa bahan mentah bahan baku pembuat lentog dan lentog dengan pikulannya, diselingi drumband SD-02 Desa Tanjungkarang, Barongan anak-anak.
Kirab menempuh rute dari halaman SD-02 Desa Tanjungkarang, Balai Desa Tanjungkarang, SD-01 Desa Tanjungkarang, proliman dan berakhir di depan panggung di areal parkir pusat kuliner lentog tanjung.

Baca Juga :  ​PURA GROUP AKHIRI PUNCAK KEGIATAN DENGAN JALAN SEHAT DAN PESTA RAKYAT

Puluhan warga masyarakat menyaksikan di sepanjang jalan yang dilalui arak-arakan itu, Kepala Desa Tanjungkarang, Sumarno, dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari sertifikasi adalah untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat, khususnya konsumen lentog tanjung, bahwa kuliner khas Desa Tanjungkarang itu memenuhi standart sebagai makanan yang layak dan sehat untuk dikonsumsi. Sertifikasi dilalukan oleh tim dari BPOM-Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dan Dinas Perindustrian UMKM Kabupaten Kudus. “Untuk tahun pertama 2016 ini, sertifikasi diikuti 60 pedagang lentog, dari sejumlah itu yang lulus, sebanyak 36 orang.” (DM)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?