Kirab Budaya Haul Syekh Jangkung

oleh

 

Kudus,isknews.com ( Lintas Pati ) – Ribuan masyarakat padati sepanjang pinggir jalan kawasan Makam Syekh Jangkung, untuk melihat prosesi ngumbah gaman dan kirab budaya Senin (11/04/2017), pada gelaran Haul penyiar agama islam di Pati Selatan itu.

Kegiatan ini, merupakan serangkaian acara jelang prosesi buka luwur atau menggati kain kelambu penutup makan yang dilaksanakan hari ini, di Makam Syekh Jangkung yang memiliki nama lain Saridin. Ihwal tersebut, Panitia sekaligus Kepala Yayasan Makam Syekh Jangkung, Darman.

“Kita menyelenggarakannya H-1 sebelum acara buka luwur pada bulan Rajab dalam penanggalan Jawa, untuk puncak acaranya kami mengadakan pengajian,” ungkapnya.

TRENDING :  Revitalisasi Jembatan Kalidoro Terganjal Papan Reklame

Mencuri benda pusaka dan mengaraknya merupakan ritual tahunan di makam itu. Sedang untuk kirab budaya, Darman mengaku baru tahun ini dilaksanakan. Pasalanya, banyak warga yang meminta diadakan kegiatan itu yang menjadi pertanda Haul penyebar agama islam di Kabupaten Pati.

TRENDING :  Maksa Bekerja Meski Sakit, Tukang Becak Ditemukan Tewas

“Untuk benda pusakanya kami tidak diizinkan menyebutnya, yang pasti ini merupakan pusaka milik Syekh Jangkung,” bebernya.

Arak-arakan gunungan dan pusaka ini, dimulai di area makam dan dilanjutkan mengelilingi Desa Landoh, Kecamatan Kayen, Pati. Dengan melibatkan warga dengan mengenakan pakaian adat khas Pati.

TRENDING :  Calon Tunggal juga berpotensi terjadi Praktik Money politik

“Ada dua gunungan yakni hasil bumi dan satunya makanan matang, ini simbol dan doa kami kepada Allah SWT, agar masyarakat kecukupan satu tahun mendatang,” jelasnya.

Diketahui, Syekh Jangkung merupakan murid dan utusan Sunan Kalijaga, untuk menyiarkan agama islam di Pati Selatan pada abad ke -15. Masyarakat mengenalnya, sebagai ulama besar dan ahli dibidang tasawuf.(*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*