Kirab Budaya Tebokan Desa Kaliputu Kudus Warnai Peringatan Tahun Baru Hijriah

by
isknews

 

jenang-tebokan isknewsKudus,isknews.com – Kirab budaya tebokan yang telah rutin diselenggarakan di desa Kaliputu Kudus tiap tanggal 1 Muharam tahun ini bertepatan dengan hari Minggu (02/10).Tebokan sendiri berasal dari awal mula meletakkan jenang di atas nampan kecil yang terbuat dari anyaman bambu ( tebok ) sebagai sunguhan untuk tamu. Sehingga dalam Kirab Budaya Tebokan banyak orang yang membawa tebok yang berisi jenang dengan pakaian adat tradisional diarak keleliling desa Kaliputu mulai dari jalan Sosrokartono berakhir di Balaidesa Kaliputu.

Kepada isknews.com Camat Kota,Kholid Seif menyampaikan bahwa,Sebagai pelopor dan sentra industri jenang kudus, semua itu tak lepas dari sejarah awal mulanya jenang di kudus.

TRENDING :  Angin Kencang Terjang Rumah Warga Soco Dawe

“Seperti yang dilansir beberapa sumber mengenai asal usul jenang kudus, hal itu bermuala dari cerita rakyat yang berhubungan dengan Sunan Kudus, Syekh Jangkung ( Saridin ) serta mbah Dempok Soponyono dan Cucunya. Sehingga tokoh-tokoh tersebut di visualisasikan dalam Kirb Tebokan sebagai wujud melestarikan dan menjaga sejarah desa Kaliputu khususnya sejarah awal mula jenang.” Terangnya.

TRENDING :  Keluarga Penulis Kudus, Gelar Tahlil Budaya Sambut 100 Hari Almarhum Yudhi Ms

KOMENTAR SEDULUR ISK :