Kloter 94 Calon Jamaah Haji Jepara Berangkat 13 Jam Lebih Awal

by
ISKNEWS.COM
Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Kloter 94 yang mengangkut 354 calon jamaah haji asal Kabupaten Jepara berangkat 13 jam lebih awal dari yang jadwal semula. Dijadwal awal, kloter ini akan berangkat pada Jumat (25/8/2017) pukul 03.30 WIB, akhirnya diberangkatkan pada Kamis (24/8/2017) pukul 14.30 WIB dari Pendopo Kabupaten Jepara. Dimajukannya jadwal keberangkatan ini lantaran menyesuaikan dengan jadwal dari maskapai Garuda Indonesia yang mengangkut calon jamaah haji Indonesia.
 
Kasubag TU Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jepara Lutfiah mengatakan, majunya keberangkatan karena jamaah haji Jepara masuk kloter-kloter terakhir. Hal ini menyebabkan gate nya sudah cukup longgar. “Maju sekitar 13 jam dari jadwal awal,” ujar Lutfiah saat ditemui di sela-sela pemberangkatan di Pendopo Kabupaten Jepara, Kamis (24/8/2017).
ISKNEWS.COM
 
Berdasarkan pantauan isknews.com, di kloter 94 ini terdapat calon jamaah haji yang tidak mampu berjalan. Calon jamaah haji pria akhirnya dibopong oleh petugas pembantu lain. Menurut Lutfiah, sebelum berangkat, jamah haji sudah melalui pemeriksaan kesehatan, sehingga yang sudah berangkat ini tentu dinyatakan memenuhi syarat. “Soal kesehatan calon jamaah haji sudah jadi kewenangan Dinas Kesehatan yang menetukan layak atau tidaknya,” jelasnya.
 
Calon jamaah haji kloter 94 ini berangkat ke embarkasi Solo menggunakan delapan bus. Sebelumnya, pada pukul 11.00 WIB, sebanyak 103 calon jamaah haji asal Jepara juga diberangkatkan dari Pendopo Kabupaten Jepara. Sementara kloter 95 yang merupakan kloter terakhir akan diberangkatkan pada Jumat (25/8/2017) pada pukul 04.00 WIB.
 
Pada kesempatan pemberangkatan haji sebelumnya, Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi berpesan agar calon jamaah haji menjaga kesehatan selama di Arab Saudi. Sebab, kondisi cuaca yang cukup ekstrim dengan suhu di atas 40 derajat celcius. “Menjaga kesehatan sangat penting agar bisa melaksanakan rukun haji dengan baik dan khusyuk,” ujar Andi.
 
Dalam kesempatan itu, Andi juga berharap agar calon jamaah haji bisa kembali dengan selamat. Andi juga berpesan agar calon jamaah haji menjaga kekompakan selama di Arab. “Saat berangkat dari Jepara berjumlah 355 orang, mudah-mudahan saat kembali juga sama jumlahnya. Saat disana juga harus mematuhi aturan dan jangan meremehkan hal-hal kecil,” tandasnya. (ZA)
KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Kemenag Kabupaten Kudus Telah Gelar Manasik Haji Massal