Kolestrol Tinggi Pasca lebaran, Turunkan Dengan Cara Ini

by
Kolestrol Tinggi Pasca lebaran, Turunkan Dengan Cara Ini ISKNEWS.COM
Foto: Makanan khas lebaran yang berminyak dan berkolestrol tinggi. (Nila Nisawatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Tidak asing lagi, perayaan lebaran selalu disertai dengan sajian berbagai macam hidangan lezat. Untuk itu, menjaga kesehatan pada momen lebaran ini penting dengan cara mengatur pola makan yang baik.

Jangan sampai, pasca Lebaran, berbagai penyakit justru datang menghampiri. Sebab tak dipungkiri, makanan yang kerap disajikan pada saat lebaran identik dengan berlemak dan berkalori tinggi.

“Terlalu sering mengkonsumsi makanan bersatan dan berlemak tinggi dapat meningkatkan kadar kolestrol di dalam tubuh. Tingginya kadar kolestrol di dalam tubuh ini meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke,” tegas dr. Guntur Aryo Puntodewo.

TRENDING :  Teknik Elektronika Industri SMK Wisudha Karya, Sediakan Fasilitas Lengkap

Dijelaskannya, tubuh manusia sejatinya membutuhkan kolestrol untuk keberlangsungan proses metabolisme dan organ-organ tubuh. Namun, jumlah kolestrol yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan penumpukan pada dinding arteri. Penumpukan ini mengakibatkan penyempitan dan terhambatnya aliran darah di pembuluh nadi hingga menyebabkan stroke.

TRENDING :  Cegah Kuntet, Ratusan Balita di Kudus Akan Diberi Obat Cacing

Penyakit kolestrol ini banyak terjadi di pasca lebaran. Konsumsi makanan bersantan dan berlemak tinggi secara terus menerus selama lebaran menjadi penyebab tingginya kadar kolestrol dalam darah.

TRENDING :  Gedung Baru untuk Arsip Daerah

KOMENTAR SEDULUR ISK :