Komunitas Sadar Wisata Tali Jiwa Gelar “Padhang Pasuryan” Agenda Budaya Sendang Widodari Menawan Gebog

Komunitas Sadar Wisata Tali Jiwa Gelar “Padhang Pasuryan” Agenda Budaya Sendang Widodari Menawan Gebog
1460216173-lpg-melon-satu
Para Pementas Budaya Padhang Pasuryan Sendan Widodari Menawan Gebog (Foto: Yuliadi Mohammad)

Kudus, isknews.com – Warga Desa Menawan Gebog Kudus yang tergabung dalam Komunitas Sadar Wisata Tali Jiwa, Karang Taruna Wira Bhakti dan kelompok kesenian Amoeba, menggelar acara yang bertajuk “Padhang Pasuryan Sendang Widodari” acara yang dikemas dalam bentuk Kirab budaya, pementasan Drama Budaya “Jaka Tarub” versi Menawan dan pementasan musik akustik ini, di pentaskan guna mengangkat kearifan budaya lokal warga Desa Menawan Gebog Kudus, dalam peta wisata alam dan budaya Kabupaten Kudus, Minggu (4/12/16).

dscf5672
Pementasan Legenda Jaka Tarub Versi Menawan (Foto: Yuliadi Mohammad)

Menurut Ketua panitiya penyelenggara acara tersebut, Tri Lestari atau yang akrab disapa dengan Ririn, “Acara ini menunjukkan partisipasi warga terhadap kepariwisataan di Kudus, bahwa desa Menawan ini adalah desa yang benar-benar menawan, diawali dengan Kirab Padhang pasuryan yang juga akan dimunculkan cipta kreasi tari Padhang pasuryan, yang diikuti dengan pementasan legenda Jaka Tarub versi Menawan, Pentas prosesi pernikahan warga Menawan paska ijab qobul, penampilan boneka klaras asli Menawan dan persembahan kuliner khas Menawan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Hari ini 7 November Hari Wayang Sedunia
15241386_572892382918152_1621261824267725070_n
Tri Lestari Ketua Panitiya Kirab Dan pentas Budaya

Dilanjutkannya, “Prosesi Budaya Padhang Pasuryan ini, khususnya dikawasan obyek wisata perlu dimunculkan dan di populerkan sebagai salah satu destinasi wisata alam dan budaya yang ada di Kudus, sehingga perlu kerja keras bagi semua pihak untuk bisa mengimplementasikan konsep sapta pesona, memang belum dilakukan seluruhnya namun minimal unsur sapta pesona yg di maksud adalah Bersih Sejuk, Indah, Aman, Ramah, Tertib, serta Kenangan, jika semua unsur sapta pesona tersebut dipahami dan dpt diaplikasikan tentunya dengan baik maka wisata di Kudus akan lebih diketahui oleh para wisatawan,” tuturnya.

untitled-2
Prosesi Pengantin Menawan Kelilingi Sendang Widodari Paska Ijab Kobul (Foto: Yuliadi Mohammad)

Menawan merupakan desa yg terletak di Kecamatan Gebog paling utara sebelum desa Rahtawu, disana terdapat Sendang Widodari yang dipercaya keramat. “Sendang Widodari merupakan tempat yang banyak digunakan oleh masyarakat utk keperluan adat. Biasanya masyarakat yang ingin melakukan acara adat harus terlebih dahulu mandi di Sendang ini karena dipercaya dapat melancarkan segala kegiatan yg akan dilakukan dlm acara adat tersebut,” Ujar Mbah Kartini (70) yang merupakan juru kunci sendang dan punden di lokasi tersebut.dscf5719dscf5681

BACA JUGA :  Undaan Gelar Jambore Ranting Lebih Awal di Kabupaten Kudus

tniSementara itu, Camat Gebog, Syaiful Huda, dalam sambutannya mengatakan “Desa Menawan memang ada potensi yg sangat melegenda dan wajib utk dilestarikan dan di ekspos keluar, sumber daya alam yg menunjukkan bahwa di desa ini  sangat potensial sebagai daerah wisata, karena sejarah Sendang Widodari, dan komoditas buah Jambu citra maupun Durian sangat menawan hati, Sehingga Desa Menawan akan dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat,”imbuhnya.

Menurut mbah Kartini, “nama Widodari ini dlm Bahasa Indonesia berarti Bidadari, dan untuk bisa memasuki sendang ini juga tak bisa sembarangan dilakukan. Sendang Widodari dipercaya sebagai petilasan Joko Tarub dari Mataram, yang saat itu melihat bidadari turun dari khayangan dan mandi di sendang, Joko Tarub kemudian mencuri selendang milik bidadari demi utk memperistrinya ,” cerita nenek sepuh yang sudah 50 tahun di tunjuk oleh Pemdes Menawan.

BACA JUGA :  Lomba Sekolah Sehat Bakal Digelar Bulan Agustus Ini

“Sendang Widodari merupakan bekas petilasan Prabu Browijoyo, Soreng Rono, Mangku Bumi Joyo Kusumo, dan Singo Kasan Sulaeman dari kerajaan Majapahit. Setelah keempat punggawa dari Majapahit, Sendang Widodari tersebut menjadi tempat mandi para bidadari, shg tempat wisata itu lebih dikenal sebagai Sendang Widodari”, tuturnya. (YM/FT)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post