Konsep Puskesmas Santun Lansia di Kudus, Sudah Maksimalkah?

oleh
Konsep Puskesmas Santun Lansia di Kudus, Sudah Maksimalkah? ISKNEWS.COM
Foto: Ruang tunggu khusus lansia yang dilengkapi pegangan dan anti selip di salah satu puskesmas di Kabupaten Kudus, Sabtu (23-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Salah satu trobosan Kementrian Kesehatan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan lansia, khususnya di pelayanan tingkat dasar adalah konsep Puskesmas Santun Lansia (PSL).

Puskesmas Santun Lansia (PSL) merupakan puskesmas yang melaksanakan pelayanan kesehatan kepada pra lansia dan lansia yang meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pelayanan PSL lebih proaktif, memberikan kemudahan proses pelayanan, santun, sesuai standar pelayanan dan dukungan bagi lanjut usia.

Kepala Puskesmas Wergu Wetan, Dody Herbowo Laksono, mengatakan PSL merupakan salah satu amanat dari Kementrian Kesehatan, dimana puskesmas harus bisa memberdayakan dan menghargai lansia. Sehingga lansia itu dibuatkan poli dan pelayanan khusus.

TRENDING :  Delapan Tim Melaju Ke Babak 32 Besar Liga 3

“Akan tetapi hingga kini, kami belum bisa menyediakan poli khusus untuk pelayanan lansia. Karena adanya keterbatasan tempat dan dana,” katanya saat ditemui isknews.com di tempat dinasnya, Senin (25-06-2018).

Meskipun begitu, lanjutnya, pihak puskesmas telah memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal untuk lansia. Seperti, memberikan pelayanan yang ramah pada lansia, mendahulukan lansia dari pasien umum dan mendesain bangunan puskesmas menjadi ramah lansia.

TRENDING :  Waspada DBD Tanpa Keterlambatan, Tidak Boleh Jatuh Korban

“Contoh konkritnya sebenarnya banyak, seperti pemberian tempat pegangan untuk lansia pada bagian pendaftaran, pengambilan obat hingga jalan menuju kamar mandi. Pegangan ini sebagai safety saat lansia berjalan,” jelasnya.

Tak hanya itu, beberapa puskesmas di Kabupaten Kudus juga telah dilengkapi dengan anti selip, untuk memudahkan saat berjalan dan meminimalisir lansia terpeleset. Ada juga yang telah membuat ruang pendaftaran dan pengambilan obat khusus untuk lansia.

Dody mengungkapkan pihaknya juga telah memaksimalkan pelayanan kesehatan lansia di luar Puskesmas dengan mengadakan pelayanan posbindu dan senam polanis yang dilanjutkan dengan program edukasi kesehatan.

TRENDING :  Ketahuan Bawa Sabu, Warga Kecamatan Mejobo Kudus Diamankan Polisi

“Dengan segala fasilitas tersebut, diharapkan lansia tetap aman dan nyaman selama menjalani pelayanan di puskesmas,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Badriyah (56), salah satu pasien lansia bahwa kini pelayanan kesehatan dipuskesmas lebih mudah dan cepat. Sehingga dirinya kini lebih nyaman untuk berobat ke puskesmas. (NNC/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :