Konsep Puskesmas Santun Lansia di Kudus, Sudah Maksimalkah?

by
Konsep Puskesmas Santun Lansia di Kudus, Sudah Maksimalkah? ISKNEWS.COM
Foto: Ruang tunggu khusus lansia yang dilengkapi pegangan dan anti selip di salah satu puskesmas di Kabupaten Kudus, Sabtu (23-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Salah satu trobosan Kementrian Kesehatan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan lansia, khususnya di pelayanan tingkat dasar adalah konsep Puskesmas Santun Lansia (PSL).

Puskesmas Santun Lansia (PSL) merupakan puskesmas yang melaksanakan pelayanan kesehatan kepada pra lansia dan lansia yang meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pelayanan PSL lebih proaktif, memberikan kemudahan proses pelayanan, santun, sesuai standar pelayanan dan dukungan bagi lanjut usia.

Kepala Puskesmas Wergu Wetan, Dody Herbowo Laksono, mengatakan PSL merupakan salah satu amanat dari Kementrian Kesehatan, dimana puskesmas harus bisa memberdayakan dan menghargai lansia. Sehingga lansia itu dibuatkan poli dan pelayanan khusus.

TRENDING :  Satgas TMMD Kodim Kudus, Peduli Lingkungan Dengan Melaksanakan Penghijauan di Desa Kandangmas

“Akan tetapi hingga kini, kami belum bisa menyediakan poli khusus untuk pelayanan lansia. Karena adanya keterbatasan tempat dan dana,” katanya saat ditemui isknews.com di tempat dinasnya, Senin (25-06-2018).

TRENDING :  Pentingnya Rencanakan Kehamilan dan KB Bagi Pasangan Muda

Meskipun begitu, lanjutnya, pihak puskesmas telah memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal untuk lansia. Seperti, memberikan pelayanan yang ramah pada lansia, mendahulukan lansia dari pasien umum dan mendesain bangunan puskesmas menjadi ramah lansia.

TRENDING :  Lindungi Jajarannya, 1491 Pengawas TPS Kudus Disertakan BPJS Ketenagakerjaan

KOMENTAR SEDULUR ISK :