Konsep Rumah Pangan Lestari, Ciptakan Kemandirian Pangan Dan Gizi Keluarga

by
“ Sumber karbo itu seperti telo rambat, jagung, singkong, sukun dan umbi-umbian. Sumber protein bisa berasal dari ikan, ayam atau bebek ,” jelasnya.

Kudus, isknews.com – Salah satu bagian dari program masyarakat mandiri pangan adalah upaya agar setiap rumah tangga diharapkan mengoptimalisasi sumberdaya yang dimiliki, termasuk pekarangan, dalam menyediakan pangan bagi keluarga. Kementerian Pertanian menginisiasi optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Rumah Pangan Lestari (KRPL).

KRPL adalah rumah penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.

Apabila RPL dikembangkan dalam  skala luas, berbasis dusun (kampung), desa, atau wilayah lain yang memungkinkan, penerapan prinsip Rumah Pangan Lestari (RPL).

TRENDING :  Harga Gabah Anjlok, Petani Cepu Tercekik

Selain itu, KRPL juga mencakup upaya intensifikasi pemanfaatan pagar hidup, jalan desa, dan fasilitas umum lainnya (sekolah, rumah ibadah, dan lainnya), lahan terbuka hijau, serta mengembangkan pengolahan dan pemasaran hasil.

TRENDING :  Panen Padi Di Undaan Diperkirakan Awal Puasa

Dengan penjabaran,  lingkungan perumahan penduduk yang secara bersama-sama mengusahakan pekarangannya secara intensif untuk dimanfaatkan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan. Yaitu dengan pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dalam suatu kawasan.

TRENDING :  Musim Kemarau Panjang, Petani Dihimbau Tanam Tanaman Yang Butuh Sedikit Air

Hal tersebut disampaikan oleh Ari Mulyani Mustikaningtyas SP, Kasie Konsumsi dan Ketersediaan Pangan Bidang Ketahanan Pangan pada Dispertanpangan Kudus dalam sebuah kesempatan.

KOMENTAR SEDULUR ISK :