Koperasi Tidak Melakukan RAT Berarti Tidak Sehat

oleh
Koperasi Tidak Melakukan RAT Berarti Tidak Sehat
Foto: Bupati Pati Haryanto saat mencicipi kue produk UMKM. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Koperasi yang tidak melakukan Rapat Anggaran Tahunan (RAT) Oleh Bupati Pati diindikasikan koperasi tersebut tidak sehat.

Perihal tersebut disampaikan Bupati Pati dalam sambutan pembukaan Pameran Produk UMKM, Kamis (12-7-2018) halaman parkir Stadion Joyo Kusumo Pati.

Dalam sambutanya Haryanto mengemukakan, mulai potensi ekonomi masyarakat di Kabupaten Pati ini sangat banyak sekali. Ada potensi pertanian, perikanan, UMKM dan lain sebagainya. Tentu, mereka juga membutuhkan adanya koperasi untuk mengembangkan usahanya tersebut.

TRENDING :  85 Stand UMKM Semarakkan Ekspo Koperasi UMKM Pati 2018

“Mungkin ada sedikit koperasi yang bermasalah, tetapi kami harap itu bisa diselesaikan dan tidak berpengaruh terhadap koperasi yang lain,” ujarnya saat memberikan pidato dalam pembukaan Bazar Hari Koperasi yang ke-71.

TRENDING :  Organisasi Wanita Diminta Berkontribusi Majukan Daerah

Lanjutnya,”Ciri-cirinya koperasi yang tidak sehat dapat diketahui dari bagaimana koperasi tersebut melakukan RAT, jika RAT berjalan setiap tahunya berarti koperasi tersebut sehat,”tambahnya.

Bahkan, dia mengaku akan menindak tegas koperasi yang tidak memenuhi standar operasional. Sebab, selain merugikan nasabah, koperasi yang bermasalah juga sangat merugikan masyarakat.

TRENDING :  Pesta Siaga 2018, Pramuka Wajib Waspadai Perkembangan Global

“Kami mengadakan upacara hari koperasi di sore hari ini, biar masyarakat tahu bahwa gerakan koperasi di Pati masih eksis. Kami juga mengingatkan agar pegiat koperasi bangkit dan memberikan manfaat kepada masyarakat,” pungkasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :