Kopi Jollong Didorong Menasional

oleh
Kopi Jollong Didorong Menasional
Foto: Jateng Fair di Semarang diwarnai dengan produk asli Pati kopi jollong, baru-baru ini. (istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Potensi kuliner dan produk khas di Pati gencar dipromosikan, salah satunya kopi. Daerah berjuluk Bumi Mina Tani ini menyimpan potensi kopi yang layak dikenalkan secara nasional, salah satunya kopi Jollong.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Pati, Sigit Hartoko mengatakan, kopi Jollong merupakan satu di antara potensi pati lainnya yang perlu didorong.

“Kopi jollong ini merupakan satu di antara sekian banyak potensi Pati yang perlu didorong agar lebih menasional,” ujar, Jum at (31-08-2018).

TRENDING :  Pemkab Pati Top 100 Nasional Program Smart City

Salah satu upayanya, lanjut dia, dengan selalu menyertakan produk jenis robusta tersebut dalam event pameran atau lainnya di berbagai daerah. Tidak sebatas itu, dalam berbagai kesempatan lain, produk tersebut juga disuguhkan.

Menurutnya, untuk lebih mengangkat produk lokal memerlukan inovasi. Tidak sebatas inovasi produk dan kemasan, tetapi juga pemasaran.

TRENDING :  Himpunan Pedagang Pasar Kliwon Miliki Kantor Baru

“Kopi jollong sudah banyak yang tahu. Tetapi produk itu tidak cukup diketahui orang saja, namun harus bisa disukai,” katanya.

Upaya Pemkab Pati turut mengangkat kopi jollong, di antaranya dengan mengikutsertakan dalam ajang Jateng Fair, beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, produk kopi jollong dipamerkan dengan kemasan Mikojo.

“Tagline Mikojo atau minum kopi jollong ditonjolkan dalam event itu. Respon masyarakat dari berbagai daerah di Jateng lumayan besar,” jelasnya.

TRENDING :  “Gerakan Pengembalian Kesuburan Tanah” Di Desa Ronggo, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati

Sigit mengungkapkan, sejumlah menu masakan lain seperti nasi pedas manyung, petis kambing, dan sego tewel juga menjadi kuliner asli Pati yang tidak luput untuk dinasionalkan. Kuliner jenis itu, kata dia, menarik minat orang luar daerah untuk menikmati. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :