Kotor, Sampah di Pantai Legon Lele Karimunjawa Dibersihkan

Kotor, Sampah di Pantai Legon Lele Karimunjawa Dibersihkan

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Wisatawan beserta warga masyarakat dan aparat pemerintahan di Kecamatan Karimunjawa melakukan kegiatan bersih-bersih pantai Legon Lele Karimunjawa, Kamis (12/10/2017). Dipilihnya lokasi pantai Legon Lele yang berada di sebelah timur Karimunjawa ini karena sampah disana menggunung dan kotor.

Djati Utomo (33), koordinator gerakan bersih sampah mengungkapkan, banyaknya sampah rumah tangga seperti plastik, kayu, dan juga daun-daunan di Pantai Legon Lele ini karena adanya musim timuran beberapa waktu lalu. Tumpukan sampah terbawa saat arus musim timuran dan menumpuk disana.

TRENDING :  1438 Kupat Lepet Diperebutkan Pengunjung

“Bersih pantai ini untuk menjaga agar pantai di Karimunjawa terbebas dari sampah. Hal ini warga maupun wisatawan akan merasa nyaman dengan pantai yang bersih,” ujarnya.

TRENDING :  Total Hadiah Rp35 Juta Digelontorkan Pada Kretek Cup 2017, Ini Daftar Juaranya
Foto: Bersih-bersih pantai Legon Lele Karimunjawa. (Dok. Isknews.com)

Lebih lanjut Djati menuturkan, Sampah yang terkumpul kemudian dibakar. Langkah pembakaran ini dipilih meskipun berbahaya, lantaran selama ini di Karimunjawa tidak ada TPA untuk menampung sampah. “Jadi akhirnya kita bakar saja. Untuk sampah berupa pecahan kaca, dibawa pulang karena bisa berbahaya kalau ditinggal,” imbuhnya.

TRENDING :  Turun Dengan Pemain Terbaik, Persiku Ingin Pastikan Tiket Semifinal

Kegiatan bersih sampah ini merupakan agenda rutin yayasan Pitulikur Pulo yang sudah sering kali dilakukan, bekerja sama dengan para pelaku wisata, HPI Karimunjawa, paguyuban biro wisata Karimunjawa, anggota TNI, anggota polisi, Syahbandar, PHRI, Transkarimunjawa, DLH dan beberapa turis asing. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post