KPU : Meski Hanya Di Tandatangani Dua Saksi Paslon, Hasil Rekapitulasi Tetap Sah

by
KPU : Meski Hanya Di Tandatangani Dua Saksi Paslon, Hasil Rekapitulasi Tetap Sah ISKNEWS.COM
Foto: Para saksi dari dua Paslon saat menandatangani Berita Acara Rekapitulasi Hasil Pilkada Bupati Kudus 2017. (Yuliadi Muhammad/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Meski hanya dihadiri dan ditandatangani saksi dari dua pasangan calon (Paslon) saja, yakni dari paslon nomor urut 4 (Akhwan-Hadi Sucipto) dan paslon nomor urut 5 (Tamzil – Hartopo), karena dari ke lima paslon, tiga paslon lainnya tidak mengirimkan saksi untuk hadir. Berita Acara Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus 2018 tetap dinyatakan sah.

TRENDING :  Panwas Hentikan Aksi Bagi Doorprize Paslon Madani

Hal tersebut disampaikan oleh Dhani Kurniawan Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus usai penandatanganan berita acara hasil rekapitulasi suara oleh Komisioner KPU, Panwas dan para saksi di aula lantai dua secretariat KPU Kudus, Rabu (04/06/2018).

Hal tersebut seperti diatur dalam PKPN nomor 9 tahun 201, penandatanganan saksi Paslon dalam surat berita acara Pleno PPK bukan syarat keabsahan berita acara.
“Berita acara tetap sah meskipun tanpa tanda tangan para saksi, kecuali saksi mengajukan keberatan terkait perhitungan suara melalui form DA2.,” terangnya.

TRENDING :  Saat Lebaran, Masyarakat Antusias Kunjungi Para Kiai dan Ulama' Sepuh

Selanjutnya, Panwas akan memfasilitasi untuk menyelesaikan sengketa tersebut di dalam forum.
Jika keberatan yang diajukan saksi di luar masalah perhitungan suara, semisal dugaan money politic, persoalan itu tidak akan dibahas dalam forum karena masuk ranah penegakan hukum.

TRENDING :  TLC Oleh Djarum Foundation Segera Dibangun

KOMENTAR SEDULUR ISK :