KPUD Kudus, Selenggarakan Pendidikan Pemilu Untuk Pemilih Pemula, di 36 SLA

KPUD Kudus, Selenggarakan Pendidikan Pemilu Untuk Pemilih Pemula, di 36 SLA

KUDUS, isknews.com – Sebanyak 100 siswa-siswi SMA NU Al-Ma’ruf, Kudus, Rabu (28/10), mengikuti pendidikan Pemilihan Umum (Pemilu), bertempat di ruang kelas sekolah tersebut. Acara yang diselenggarakan oleh Komiisi Pemilhan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kudus itu, merupakan bagian dari kegiatan pendidikan Pemilu untuk pemilih pemula, yang sasarannaya adalah pelajar sekolah lanjutan atas (SLA), yakni SMA, SMA dan MA negeri dan swasta, sebanyak 36 sekolah di Kudus.
Dalam pelaksanaan kegiatan di SMA NU Al – Ma’ruf itu, dibuka oleh Kepala Sekolah Drs Shodiqun M Ag. Sedangkan sebagai pembawa materi pendidikan dari KPUD Kudus adalah Ayhu Subekti SE. Jalannya acara dikemas dengan santai tetapi serius. Para siswa duduk bersila dilantai, dan sebelum penyampain materi, diisi dengan bernyanyi bersama. Siswa yang berani mengajukan pertanyaan diberi hadiah pulpen dan gantungan kunci.
Ketua KPUD Kabupaten Kudus, Muh Khanafi SH, yang dihubungi iskmews.com, Rabu (28/10), mengatakan, pendidikan Pemilu untuk pemilih pemula itu, diselenggarakan selama 18 hari, dimulai sejak 22 Oktober lalu. Setiap harinya dilaksanakan di 2 sekolah, sehingga seluruhnya ada 36 sekolah, terdiri atas 10 SMA, 11 SMK dan 16 MA negeri dan swasta.
Mengenai tujuan dari pendidikan tersebut, dia mengungkapkan, pemilih pemula adalah aset penting yang kelak nanti pada saatnya akan menjadi pemilih tetap, di dalam Pemilu pada 2018 mendatang, untuk itu mereka harus dipersiapkan, terutama mengenai kewajibannya sebagai warga negara yang mempunyai dan menggunakan hak pilhnya.
“Harapan dan sasaran kami bagi pemilih pemula, adalah menjadi pemilih yang cerdas. Untuk itu, diantaranya dengan mencermati visi, misi dan program kerja parpol, cermati rekam jejak caleg, dan tolak politik uang.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  Warga Kirig dapat Hiburan Gratis Nobar Film di Malam Minggu

Share This Post