Kreatifitas Ibu-ibu PWS, Bonggol Pisang Diolah Jadi Keripik

by

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Ibu-ibu Perkumpulan Wanita Sejahtera (PWS) di Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Pati, manfaatkan bonggol pisang menjadi kuliner yang lezat dan nikmat.

Selama ini, tanaman pisang hanya dimanfaatkan bagian buah, daun dan bunganya saja. Sementara, bonggol atau batang pisang dibiarkan begitu saja, setelah dipanen. Alih-alih dimanfaatkan, bagian pisang ini dibiarkan membusuk begitu saja.

Tapi bagi, ibu-ibu PWS, bonggol ini dimanfaatkan menjadi cemilan keripik. Cemilan dari bahan baku bonggol ini memiliki rasa crispy yang enak dan cocok sebagai teman pengantar meminum teh maupun kopi.

TRENDING :  Modal Untuk Bersaing Dengan Produk Lokal Lain, Harus Variatif dan Kreatif

Inovasi ini bermula, saat ibu-ibu kelompok tersebut terbersit untuk memanfaatkan bonggol pisang. Pasalnya, banyak warga yang membiarkan bonggol pisang terbengkalai begitu saja selepas diambil buahnya.

TRENDING :  Cuaca Buruk, Harga Cabai Meroket

“Awalnya kami melihat kok bonggol pisang dibiarkan begitu saja, gak dimanfaatkan. Padalah bonggol pisang memiliki potensi yang bagus untuk dijadikan salah satu sumber makanan. Dizaman penjajahan dahulu, bonggol pisang menjadi makanan loh,” beber Ketua PWS, Puji Astuti, Kamis (13/4/2017).

KOMENTAR SEDULUR ISK :