KRESEK Sabet Juara 1 Di XS Project Design Competition 2015

KRESEK Sabet Juara 1 Di XS Project Design Competition 2015

 

Kudus_isknews.com – Komunitas dan Bank Sampah KRESEK (Kreasi Sampah, Ekonomi Kota) salah satu komunitas dan Bank Sampah di Kudus ini yang sebelumnya pernah meraih juara 3 disalah satu ajang kreasi barang bekas lagi-lagi meraih prestasi yang membanggakan Kota Kudus. Minggu (20/12) XS Project Design Competition 2015 mengumumkan bahwa KRESEK menjadi juara 1 dalam ajang tersebut. Pada ajang tersebut KRESEK mengirim 3 anggotanya dengan nama produk sesuai dengan nama komunitas, yaitu “KRESEK”.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh XS Project Indonesia dan YIDI Jogjakarta ini baru pertama kali dilakukan. Pada ajang kali pertama ini XS Project Competition 2015 mengusung tema ”Trash Transformed Lives Changed” yang berarti dengan merubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna mampu merubah hidup kita dari berbagai sisi seperti ekonomi dan lingkungan. Dari sisi ekonomi yaitu dengan merubah sampah menjadi lebih berguna mampu menambah penghasilan, dari sisi lingkungan kita dapat menggurangi sampah yang ada.

TRENDING :  2nd Anniversary, Club Otomotif Iron Eagles Kudus Gelar Bakti Sosial di Rahtawu

Ajang ini dilakukan melalui 3 tahap. Tahap pertama tahap seleksi proposal, dimana peserta mengirimkan proposan dan poster produk, pada tahap ini peserta yang mendaftar sebanyak 80 peserta dari berbagai tempat di Indonesia. Tahap kedua yaitu tahap 10 besar, dimana 10 besar tersebut akan diberikan pendanaan untuk pembuatan prototype produk yang kemudian akan dipilih 3 terbaik yang akan dipamerkan pada tahap ke tiga. Tahap ketiga yaitu pameran, keseluruh produk akan dipamerkan pada 16 Maret 2016 di Jakarta, selain pameran pada tahap ketiga ketiga finalis akan diberikan penghargaan.

TRENDING :  "Photografi For Charity" Indahnya Berbagi Kebahagiaan Lewat Jepretan

KRESEK pada ajang tersebut membuat 2 produk edukasi, yaitu papan edukasi dan jam peraga. Kedua produk ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak untuk belajar mengenal waktu dan mengenal bentuk. Kedua produk ini terbuat dari cacahan plastik kemasan yang dibuat menjadi papan yang kemudian dibentuk menjadi produk tersebut, sehingga produk KRESEK tersebut juga mengajarkan anak-anak untuk mencintai dan peduli terhadap lingkungan serta mengajari anak-anak untuk memanfaatan barang bekas yang ada disekitar kita.

Virdia Apriliyani salah satu anggota KRESEK saat didatangi isknews.com menyatakan “kami menggikuti ajang ini bertujuan untuk mengenalkan KRESEK ke berbagai kalangan, baik di Kudus maupun di luar Kudus. Pada awalnya kami tidak percaya bisa menang, masuk kesepuluh besar saja kita sudah sangat senang, apalagi dapat meraih juara pertama dari ajang tersebut. Namun kami percaya hasil tidak akan menghianati usaha, untuk itu kami (semua anggota KRESEK) bahu membahu membuat produk semaksimal mungkin. Semoga dengan prestasi ini anggota KRESEK bisa lebih solid, semangat, dan muncul kembali ide-ide kreatif lainnya. Apabila ada warga Kudus yang ingin bergabung dengan kami bisa melihat ig, twitter atau FB kami dengan search kresekkudus atau bisa menghubungi 085641583507” (21/12).

TRENDING :  Jalin Kebersamaan , DCAB - ID Kudus Bagi - Bagi Takjil dan Buka Bersama

#FA

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post