KRPL Dukuh Mayah Bendo Sukodono Sragen Raih penghargaan Adikarya Pangan Nasional

by

Sragen– Setiap pekarangan rumah di Dukuh Mayah, Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Sragen tampak asri. Meskipun tidak begitu luas, pekarangan rumah di sana dihiasi ragam sayur dan buah segar. Cabai, tomat, bunga kol, terong, pepaya tumbuh subur.

Bahkan, di beberapa pekarangan rumah terdapat petak-petak kecil untuk mengembangbiakkan ikan lele. Ternak kambing atau sapi pun mudah dijumpai di sana.

Sebagian besar istri petani di Dukuh Mayah sudah empat tahun terakhir gemar bercocok tanam dan beternak di pekarangan rumah masing-masing.

Tak hanya membuat lingkungan sekitar asri, mereka juga mampu menghemat perekonomian keluarga. Pasalnya, mereka tidak perlu berbelanja sayur, buah, ikan, atau daging untuk keperluan memasak sehari-hari.

Agar pengelolaan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Dukuh Mayah semakin optimal, para istri petani di sana kompak membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Sasmito Tani. Melalui kelompok tersebut, sebagian ‘produk’ KRPL dikumpulkan dan dijual. Keberasilan mengoptimalkan KRPL telah mengantarkan Dukuh Mayah meraih penghargaan Adikarya Pangan Nasional dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

KOMENTAR SEDULUR ISK :