Kualitas Tebu Musim Ini Bagus, Petani Tebu di Kudus Berharap Rendemen Tinggi

by
isknews

 

KUDUS,isknews.com-Petani tebu di Kudus yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), berharap pada musim giling ini rendemen bisa tinggi, mengingat kualitas tebu bisa dikatakan bagus.

Ketua APTRI Kabupaten Kudus, H Suhardjo, mengatakan hal itu, Sabtu (13/6), kepada isknews.com, yang menghubungi di kantornya. Dia menerangkan kondisi tebu saat ini sudah masak dan siap tebang, namun untuk penyetoran ke Pabrik Gula (PG) Rendeng masih menunggu pemberitahuan pihak PG. “Minggu (14/6), adalah hari pertama pelaksanaan dimulainya penebangan tebu.”

TRENDING :  Perkawinan Tebu Jelang Musim Giling

Mengenai kualitas tebu, pihaknya menjamin bagus, sehingga diharapkan akan menghasilkan rendemen yang tinggi, sesuai harapan petani, yakni mencapai 8%. Penilaian itu berdasarkan pola tanam yang diterapkan oleh petani, yakni dengan cara bongkar ratoon. Bongkar ratoon adalah mencabut habis sisa tanaman tebu yang sudah ditebang, kemudian tanahnya dibalik, dan ditanami bibit baru, sehingga akan tumbuh tanaman tebu yang kualitasnya dipastikan bagus.

TRENDING :  Bertanam Pisang Potensi Yang Menjanjikan

“Karena itu, saya berharap semua petani tebu di Kudus menanam tebunya dengan system bongkar ratoon tersebut, karena hasilnya lebih bagus, dibandingkan dengan system kepras,” imbau Suhardjo

TRENDING :  Budidaya Jamur Tiram

KOMENTAR SEDULUR ISK :