Kudus Alami Inflasi 0,60 Persen, Apa Penyebabnya?

by

Kudus, ISKNEWS.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus mencatat, Kota Kretek mengalami inflasi 0,60 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) 136,67 pada Desember 2017. Catatan ini lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang mengalami inflasi sebesar 0,35 persen dengan IHK 135,86.

TRENDING :  Di Kudus Tunggakan Pajak Penerangan Jalan 2016 Capai Rp 2,555 M

“Akhir tahun banyak harga kebutuhan yang mengalami kenaikan, sehingga menyebabkan terjadinya inflasi 0,60 persen,” kata Ketua BPS Kudus Sapto Harjuli Wahyu saat ditemui ISKNEWS.COM di ruang kerjanya, Rabu (03/01/2018).

Dijelaskannya lebih lanjut, komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terhadap terjadinya inflasi adalah beras, telur, ayak ras, daging ayam ras, kangkung, dan cabai rawit.

TRENDING :  Ayo Ramaikan, Mulai Besok Pemkab Kudus Gelar Pasar Murah Di Seluruh Kecamatan

Sedangkan komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terhadap terjadinya deflasi adalah bawang merah, sepeda motor, tahu mentah, bawang putih, dan pisang.

Inflasi, lanjutnya, terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks beberapa kelompok pengeluaran. Di antaranya kelompok bahan makanan 2,55 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar 0,13 persen. Kelompok sandang 0,16 persen, dan kelompok kesehatan 0,42 persen.

KOMENTAR SEDULUR ISK :