Kudus Diwacanakan Jadi Sentra Penghasil Buah Bernilai Ekonomis

oleh
Foto: Dandim 0722/Kudus Letkol Sentot Dwi Purnomo menunjukkan bibit jambu kristal yang akan dibagikan secara gratis kepada warga. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kodim 0722/Kudus berencana membagikan 10 ribu bibit tanaman buah untuk masyarakat secara gratis. Rencana itu dikemukakan Dandim 0722/Kudus Letkol (Inf) Sentot Dwi Purnomo.

Sentot berharap, nantinya tanaman yang telah dibagikan dapat dikembangkan di sekitar area penerima bibit. Salah satu tujuannya yakni dapat membangkitkan kesadaran warga untuk melakukan penghijauan.

Selain itu, lanjutnya, dalam beberapa tahun ke depan setelah tanaman tersebut berbuah diharapkan dapat memberikan penghasilan bagi warga. “Tidak ada salahnya melakukan penghijauan sekaligus mendapatkan pemasukan,” tuturnya.

TRENDING :  Pembangunan Mapolres Kudus Dikebut, Ditarget Juli Rampung

Dijelaskan, tanaman yang diberikan bukan sembarang tanaman melainkan bibit buah yang telah terpilih dan mempunyai nilai jual tinggi di pasaran. Di antaranya jambu kristal, alpukat madu, kelengkeng, dan jeruk.

“Dengan harga jual yang tinggi tentu dapat memberi pemasukan yang cukup lumayan bagi warga. Mendapat rezeki dengan menjaga alam, perbuatan mulia yang mendapatkan balasan luar biasa,” ujarnya.

Sentot menambahkan, untuk mewujudkan rencana itu pihaknya telah menggandeng pihak ketiga dalam penyediaan bibit. Rencananya bibit tanaman akan dikembangkan di beberapa kecamatan. Saat ini pihaknya juga sudah menyiapkan lahan seluas 4.500 meter persegi di Kecamatan Bae.

TRENDING :  HUT TNI ke-73, Kodim 0722/Kudus Ikut Lestarikan Budaya Wayang Kulit

Terkait jenis bibit yang akan ditanam di tiap wilayah akan ada perbedaan, menyesuaikan kondisi tanah di masing-masing wilayah. Selain itu, tujuan dibedakan agar di setiap wilayah memiliki perbedaan, sehingga nantinya ketika sudah menjadi sentra penghasil buah memiliki ciri khas.

“Kita misalkan di Kecamatan Bae menjadi sentra tanaman jambu kristal, Kecamatan Jekulo kelengkeng, Kecamatan Undaan jeruk dan lain sebagainya,” tandasnya.

TRENDING :  Jajaran Perwira Kodim Kudus, Siap Sukseskan TMMD Reguler Ke-98 TA.2017

Pembagian bibit tidak hanya diberikan kepada petani saja, melainkan menyasar para pelajar. Hal ini dimaksudkan karena para pelajar adalah generasi penerus yang akan merawat. Selain itu juga untuk membangkitkan semangat penghijauan dari kalangan muda.

“Kita menargetkan dapat membagikan minimal 5 ribu bibit sebelum puasa. Nanti kekurangannya akan dilanjutkan usai lebaran,” pungkasnya. (MK/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :