Kudus Nominator 17 Kabupaten/Kota Dengan Keterbukaan Informasi Publik Terbaik

oleh -851 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Zainal Abidin Petir sebagai salah satu Tim Visitasi Pemeringkatan Badan Publik Th. 2017 dalam kunjungan kerjanya di Kudus sebagai tahapan penilaian yang dilakukan oleh KIP Jateng, setelah Kudus dinyatakan lolos tahap SAQ (Self Assessment Questionare).

Kunjungan kerja Zainal Abidin Petir beserta staf dengan agenda visitasi kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kudus, untuk memberikan penilaian atas keterbukaan informasi publik yang telah dilaksanakan Dinas Kominfo Kudus sebagaimana diatur di dalam Undang-Undang nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Rabu (25/10/17).

Kabupaten Kudus saat ini masuk kategori 17 besar kabupaten/kota yang dinilai sebagai daerah yang memberikan keterbukaan informasi publik dari 35 kabupaten/kota di Jateng.

” Semua Kabupaten / Kota itu merupakan hasil seleksi sebelumnya, untuk dipilih menjadi 10 kabupaten/kota terbaik di Jateng,” ujar Zaenal Petir.

Syarat untuk lolos menjadi daerah yang terbaik salah satunya harus memiliki keterbukaan informasi publik yang baik, memiliki transparansi terkait Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

“Bentuk transparansinya bisa melalui kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi tersebut melalui website yang dimiliki pemda setempat, sehingga bisa mewujudkan tata pemerintahan yang baik atau `good governance`,” ujarnya.

Ditambah harus ada ketersediaan daftar informasi publik secara berkala, serta merta dan dikecualikan hingga perjalanan dinas bupati juga disampaikan kepada publik.

” Nantinya Kabupaten/kota yang masuk 10 besar, akan kami minta untuk melakukan presentasi dalam melaksanakan UU Keterbukaan Informasi Publik,” tambahnya.

Dijelaskannya, ” di Kudus ini ada laporan 11 kasus sengketa informasi publik dari masyarakat, yang rata-rata terkait kasus sengketa terait anggaran, khususnya anggaran desa yang saat ini baru ramai disoroti masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Kudus, menargetkan bisa meraih penghargaan dalam keterbukaan informasi publik karena tahun sebelumnya masuk empat besar sebagai daerah yang memberikan keterbukaan informasi publik.

“Jika tahun lalu berhasil masuk empat besar, tentunya tahun ini harus lebih baik. Syukur menjadi yang terbaik,” kata Bupati Kudus Musthofa saat menerima rombongan Komisioner KIP tersebut. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :